Penggunaan Metode Show and Tell melalui Media Magic Box untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa dalam Pendidikan Anak Usia Dini

  • Karin Ariska UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suyadi Suyadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Kata kunci: Keterampilan Bahasa, Anak Usia Dini, Show and Tell, Magic Box

Abstrak

Penelitian ini difokuskan untuk mengembangkan keterampilan bahasa anak lewat penggunaan metode show and tell sebagai salah satu alternatif bagi para pendidik dalam pembelajaran anak usia dini. Metode ini akan diaplikasikan lewat media magic box yang mendorong peserta didik untuk bebas berkomunikasi pada sesama peserta didik dan pendidik di kelas. Apa yang hendak dicapai dalam penerapan metode show and tell melalui media ini adalah untuk menumbuhkan ketertarikan dan percaya diri anak dalam berkomunikasi dengan cara yang menyenangkan. Metode yang peneliti gunakan adalah kualitatif deskriprtif.  Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menerapkan langkah-langkah dalam pelaksanaan pengunaan media magic box dengan menggunakan metode show and tell sebagai berikut: 1) Letakkan satu barang di dalam magic box, isi benda kotak tersebut sesuai denga tema pembelajaran pada hari itu. Lalu diletakkan di depan anak yang dapat dijangkau oleh anak. 2) Kemudian anak diminta untuk maju kedepan, untuk membuka kotak tersebut. 3) Setelah itu anak menunjukkan ke audiens benda apa yang sudah ia dapatkan dari magic box tersebut. Serta menjelaskan ke audiens terkait benda tersebut. Kemudian audiens bisa menanggapi nya

Referensi

Adipurnomo, H. dan T. (2006). Sumber dan Media Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendididkan Dan Tenaga Kependidkan.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Asmawati, L. (2010). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.
Asrul. (2016). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Membina Sumber Daya Manusia Berkarakter. Perdana Publishing.
Azhar, A. (2013). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Dailey, K. (1997). Sharing centers: An alternative approach to show and tell. Early Childhood Education Journal, 24 (IV), 223–227.
Dananjaya, U. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Nuansa Cendekia.
Dewi, R. (2005). Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Dhieni, N. (2009). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.
Hoerr, T. R. (2007). Buku Kerja Multiple Intelligences. (Alih bahasa: Ary Nilandari). Kaifa.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. (Alih bahasa: Med. Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih). In Erlangga.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing.
Khadijah. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Perdana Publishing.
Madyawati, L. (2012). Strategi Perkembangan Bahasa Pada Anak. Prenada Media Group.
Mulyadi, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia DinI. Penerbit Gava Media.
Musfiroh, T. (2011a). Show and Tell Edukatif: Panduan Pengembangan Social Skill Anak Usia Dini. Lokus.
Musfiroh, T. (2011b). Show and tell edukatif untuk pengembangan empati, afiliasi-resolusi konflik, dan kebiasaan anak usia dini. Jurnal Kependidikan, 2, 132.
Prasasti, A. (2012). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Show and Tell pada Anak TK kelompok B di TK ABA Kasihan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogia.
Tilaar, H.A.R. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Nuansa Cendekia.
Wahyudin, Uyu dan Agustin, M. (2012). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Refika Aditama.
Webbervilleschools’s Team. (2010). Show And Tel. Http://Webbervilleschools.
Zaman, Badru & Eliyawati, C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-Paud. Jurusan Pedagogik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
Diterbitkan
2020-07-25
Bentuk Sitasi
Ariska, K., & Suyadi, S. (2020, July 25). Penggunaan Metode Show and Tell melalui Media Magic Box untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa dalam Pendidikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 102-114. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.626
Section
Articles