Media Putaran Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini

  • Liya Zulianingsih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rosa Imani Khan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dema Yulianto Universitas Nusantara PGRI Kediri
Kata kunci: Membaca Permulaan, Media Putaran Kata, Anak Usia Dini

Abstrak

Kemampuan membaca adalah salah satu unsur penting dalam perkembangan seseorang karena dengan membaca, seseorang akan memperoleh informasi, ilmu pengetahuan dan pengalaman-pengalaman baru. Semua yang diperoleh melalui membaca, akan memungkinkan orang tersebut untuk mempertinggi daya pikirnya, mempertajam pandangannya dan memperluas wawasannya. Dengan membaca, seorang siswa bisa menggali bakat dan potensi mereka, memacu peningkatan daya nalar, melatih konsentrasi, dan meningkatkan prestasi sekolahnya. Kemampuan membaca sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini karena pada masa ini hampir seluruh potensi anak mengalami masa peka untuk tumbuh dan berkembang secara cepat dan hebat. Pada usia TK (Taman Kanak-kanak), anak harus sudah mampu mengenal huruf, dalam hal ini bisa mengenal kata atau disebut membaca permulaan. Suasana belajar membaca permulaan harus diciptakan melalui kegiatan bermain edukatif yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini yang memang masih senang bermain. Oleh karena itu, peneliti membuat media pembelajaran berupa Putaran Kata. Media Putaran Kata ini diharapkan dapat digunakan sebagai alat peraga sekaligus alat permainan edukatif dalam kegiatan pembelajaran membaca permulaan untuk anak usia dini yang dapat membuat anak tertarik, senang dan tanpa tekanan mengikuti kegiatan belajar

Referensi

Aida, dkk. 2018. Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal melalui Metode Struktural Analitik Sintetik dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Potensia. 3 (2), 56-63.
Ariyanti, Tatik. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 8 (1), 47-54.
Darmiyanti. 1997. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 2010. Permainan Membaca dan menulisdi Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dhieni, N, dkk. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Laely, Khusnul. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 7 (2), 301-320.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar PAUD (dalam Perspektif Islam). Yogyakarta: Laksana.
Mustikawati, 2015. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Suku Kata (Syllabic Method) pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta Tahun 2014-2015. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha. 2 (1), 41-56.
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Purwanti, Kristi Liani. 2013. Perbedaan Gender terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Menggunakan Otak Kanan pada Siswa Kelas 1. Jurnal Walisongo. 9 (1), 107-122.
Rahmawati, 2017. Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Media Kata Bergambar. Jurnal SAP. 1 (3), 259-270.
Rohani, Ahmad. 1997. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sadiman, A.S., dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiarti, Uci. 2012. Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basasastra. 1 (1).
Suharso dan Ana Retnoningsih. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Lux. Semarang: Widya Karya.
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tarigan, Henry Guntur, dkk. 2011. Membaca Dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.
Waraningsih, 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Sulthoni Ngaglik Sleman. Skripsi. Dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Zaman, Badru dkk. 2008. Media dan Sumber belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Zubaidah, Enny. 2003. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Diterbitkan
2020-07-25
Bentuk Sitasi
Zulianingsih, L., Khan, R., & Yulianto, D. (2020, July 25). Media Putaran Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 115-122. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.627
Section
Articles