Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Lingkaran Pintar Kelompok B4 TK Kartika 1-12 Padang Panjang
DOI:
https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.628Keywords:
Berhitung, Permainan Lingkaran Pintar, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak TK Kartika 1-12 Padang Panjang dengan menggunakan permainan lingkaran pintar. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu anak-anak kelompok B4 TK Kartika 1-12 Padang Panjang. Objek penelitian ialah kemampuan berhitung anak terutama memahami konsep bilangan 1-20.Teknik pengumpulan datamenggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi.Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Pada kondisi awal sebelum tindakan rata-rata persentase kemampuan berhitung anak sebesar7%, sesudah dilakukannya tindakan pada siklus I dengan rata-rata persentasenya29% dan siklus II rata-rata persentasenya82%dan telah memenuhi target KKM yang sudah ditentukan. Maka dapat disimpulkan permainan lingkaran pintar bisa meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini.
References
Yogyakarta:Ar-Ruzz Media
Hartati,Sri(2019).PengaruhMediaAudioVisualTerhadapStimulasiSensoriPendengaranBagiAnakToodlerDi TPA/PAUD.IJECES2(1)(2019)
Khadijah(2016).PengembanganKognitifAnakUsiaDini.Medan:Perdana Publishing
Lauroza,SuchiPutridanHartati,Sri(20190.PengaruhMediaGambarTerhadap
KemampuanBerceritaAnakDiTKIslamDaudKholifahtullohTabingPadang.
JurnalIlmiahPesonaPaud (Vol 6 No 1)
Nasution,AmandaSyaridanWulan,SeptiDwiAnjas(2017).PeningkatanKemampuanBerhitungAnakMelaluiPermainanBendaRealia.JurnalPenelitianPendidikanMipa(Vol 2 No1)
Sutanto,A(2011).PendidikanAnakUsiaDini.Jakarta(konsepdanteori):PT BumiAksara
Suryana,D(2016).StimulasidanAspekPerkembangananak.Jakarta:Kencana