Mengenal Konsep-Konsep Anak Berkebutuhan Khusus dalam PAUD

  • Feby Atika Setiawati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Nai’mah Nai’mah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Kata kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, Konsep-Konsep ABK

Abstrak

Istilah anak berkebutuhan khusus memiliki cakupan yang sangat luas. Dalam paradigma pendidikan kebutuhan khusus keberagaman anak sangat dihargai. Setiap anak memiliki latar belakang kehidupan budaya dan  perkembangan yang berbeda-beda, dan oleh kaarena itu setiap anak dimungkinkan akan memiliki kebutuhan khusus serta hambatan belajar yang berbeda beda pula, sehingga setiap anak sesungguhnya memerlukan layanan pendidikan yang disesuiakan sejalan dengan hambatan belajar dan kebutuhan masing-masing anak Anak berkebutuhan khusus dapat diartikan sebagai seorang anak  memerlukan pendidikan yang disesuiakan dengan hambatan belajar dan kebutuhan masing-masing anak secara individual. Cakupan konsep anak berkebutuhan khusus dapat dikategorikan menjadi dua kelompok besar yaitu anak berkebutuhan khusus yang bersifat sementra (temporer) dan anak berkebutuhan khusus yang besifat menetap  (permanent).   

Referensi

A.G Hughes, Psikologi Pembelajaran Teori & Terapan, Bandung: Nuansa Cendekia,2015.
Agung Riadin, Misyanto, & Dwi Sari Usop, Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Disekolah Dasar Negeri Insklusi Di Kota Palang Karaya, Anterior Jurnal, Volume 17 Issue 1, December 2017,.
Anik Lestariningrum, Implementasi Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini Di Kota Kediri (Studi Pada Paud Inklusif YBPK Semampir, Kecamatan Kota Kediri), Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Volume 4 Nomor 2 Januari 2017.
Devi Lestari Hayati, Pelayanan Khusus Bagi Anak Dengan Attentions Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Di Sekolah Insklusif, Posiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 6 No.1 April 2019, h. 110.
Devi Mastuti, Kesiapan Taman Kanak-kanak Dalam Penyelenggaraan kelas inklusi Dilihat Program Kegiatan Pembelajaran, Journal Of Early Childhood Education Papers, 2014.
Heldanita, Konsep Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Ilmiah Tumbuh kembang Anak Usia dini vol. 1 no. 3. September 2016.
Ika Febrian Kritiana, Sikap Orang Tua Dan Guru Terhadap Implementasi Pendidikan Inklusi Di Paud, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Jalan Professor Soedarto, Tembalang, Kota Semarang, Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 21, Nomor 2, Desember 2015
Jenny Thompson, Memahami Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta: Erlangga,2012.
Kristiawan P.A Nugroho, Dary, Gaya Hidup Yang Memengaruhi Kesehatan Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Salatiga, Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 2 (2) 2017.
M. ramadhan, Ayo Belajar Mandiri Pendidikan Keterampilan dan Kecakapan Hidup Untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Jogjakarta,2014.
Rini Hildayani, Psikologi Perkembangan Anak, Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka, 2009.
Syamsul Bachri Thalib, Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikasi, Jakarta: Kencana,2010.
Triyanto, Desty Ratna Permatasari, Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Insklusi, Sekolah Dasar, Tahun 25 Nomor 2, November 2016.
Diterbitkan
2020-07-28
Bentuk Sitasi
Setiawati, F., & Nai’mah, N. (2020, July 28). Mengenal Konsep-Konsep Anak Berkebutuhan Khusus dalam PAUD. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 193-208. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.635
Section
Articles