Kontribusi, Edukasi serta Pendampingan terhadap Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengolahan Usaha Mikro di Dusun Suru

  • Ishmatun Nihayah Institut Pesanten KH. Abdul Chalim, Mojokerto
Kata kunci: Kontribusi, Edukasi, Pemberdayaan masyarakat

Abstrak

Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan dimana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan diri sendiri. Pemberdayan masyarakat hanya bisa terjadi apabila masyarakat itu sendiri ikut pula berpartisipasi. Ditengah pesatnya kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat memberikan dampak dan kontribusi dalam pengembangan UM (Usaha Mikro). Maka demikian diperlukan usaha dan langkah kongkrit dalam perwujudan pengembangan UM, sehingga masyarakat Indonesia mampu mengeksplore kemampuan dan kreatifitas usaha yang berkenaan dengan pengembangan dan produktifitas UM dan mandiri secara kebutuhan ekonomi.  Berdasarkan hasil wawancara yang kami lakukan, bahwasannya Dusun Suru memiliki UM olahan cabe namun sudah lama tidak beroperasi. Hal ini terjadi dikarenakan proses manajemen tidak berjalan dengan baik. Rupanya, anggota yang ada di UM tersebut tidak mendapatkan gaji. Setelah mengetahui kondisi tersebut, kami selaku Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) IKHAC Mojokerto untuk mengaktifkan kembali UM dengan memberdayakan ibu-ibu yang ada di Dusun Suru. Maka dari itu kami mengambil judul yakni, “Kontribusi, Edukasi Serta Pendampingan Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengolahan UM di Dusun Suru

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Alfi, Badiul, Makris Tiantoro, Shohibul Abror, Faiz, and Muklis Abdullah. “Membangun Jiwa Wirausaha Dan Optimalisasi Pemasaran Produk Home Industry Melalui Online Marketing Di Dusun Klodan.” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2019.
Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2016. Penyusun, Tim. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata. Mojokerto:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, 2023. Soedjiwo, Novena Ade Fredyarini. “Implementasi Mata Kuliah PAR (Participatory Action Research) Di TPQ Al-Magfiroh Denpasar Bali.” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi 4, no. 2 (2019): 2.
Diterbitkan
2023-12-27
Bentuk Sitasi
Nihayah, Ishmatun. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 27, 2023): 483-490. Accessed February 21, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2105.
Section
Articles