Akuntabilitas Manejerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan Motivasi berprestasi Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu
Abstrak
This study examines the role of Islamic work culture in enhancing teacher motivation and performance at SD IT Nurul Hikmah, Tanjung Jabung Timur. Through qualitative methods, the research highlights three primary strategies: fostering Islamic work culture, implementing supervision grounded in Islamic values, and applying Hackman and Oldham’s Job Characteristic Model. The integration of Islamic principles such as integrity, accountability, and sincerity into daily school operations has proven effective in creating a harmonious and productive work environment. Key findings demonstrate that dimensions of the Job Characteristic Model—Task Significance, Skill Variety, and Feedback—significantly contribute to teacher motivation and professional growth. This approach not only supports the achievement of educational goals but also shapes teachers into highly spiritual and professional individuals.
Downloads
Referensi
Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru SMA negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264-277.
Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Educational Management, 6(1), 26-33.
Hasan, M., & Anita, A. (2022). Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi dan Kinerja Guru di MA Al Ishlah Natar dan MA Mathlaul Anwar Cinta Mulya. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 6(1), 85-97.
Hasibuan, P. M., & Hadijaya, Y. (2024). Implementasi Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(3), 2802-2809.
Hayati, R., Arafat, Y., & Sari, A. P. (2020). Pengaruh komitmen organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 100-111.
Hidayat, W. N., Nurlaila, N., Purnomo, E., & Aziz, N. (2023). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) in Islamic Religious Education in the Digital Era. Al Hikmah: Journal of Education, 4(1), 93-106.
Hidayat, W. N., Kusminin, K., Taufik, T., Nurjali, N., & Mun'amah, A. N. (2024). The Concept of TPACK through Exchange Orientation Program in Boosting Madrasa Student Achievements. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(5), 846-853.
Kempa, R. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Studi Tentang Hubungan Perilaku Kepemimpinan, Keterampilan Manajerial, Manajemen Konflik, Daya Tahan Stres Kerja Guru dengan Kinerja Guru). Educational Management, 6(1), 26-33.
Lestari, E. (2022). Evaluasi Kinerja Guru sebagai Strategi Supervisi. Jurnal Supervisi Pendidikan, 12(1), 44-56. https://doi.org/10.1234/jsp.v12i1.544
Maujud, F. (2018). Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam lembaga pendidikan islam (studi kasus pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31-51.
Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi akademik untuk meningkatkan motivasi kerja guru dalam membuat perangkat pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936-1941.
Musyadad, V., Amanatun, A., & Sari, C. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Motivasi Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 123-135. https://doi.org/10.24832/jmp.v8i2.554
Nudin, B. (2020). Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 63-74.
Prasetyo, A., & Lestari, D. (2020). Pengembangan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Berbasis Kebutuhan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 134-145.
Prasetyo, D., & Suryana, T. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Supervisi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 134-145. https://doi.org/10.24832/jpi.v8i2.234
Rahabav, P., Papilaya, P., & Rumfot, S. (2014). Pengaruh Peran Kepala Sekolah dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Mengajar Guru di Sekolah SMP Negeri di Kecamatan Bula Kabupaten Seram Bagian Timur. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1859-1864.
Rizal, M., & Bakhri, S. (2023). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Kinerja Guru di SMP Islam Al Azhar 29 BSB Semarang. Al-fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 50-63.
Rosala, Dedi. "Pembelajaran seni budaya berbasis kearifan lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter siswa di sekolah dasar." Ritme 2, no. 1 (2016): 16-25.
Sauri, R. S., & Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529.
Syahra, R. (2003). Modal sosial: Konsep dan aplikasi. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 5(1), 1-22

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.