Kompetensi Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Organisasi di Sekolah Muhammadiyah

  • Budianto Budianto Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Mukhtar Latif Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Wahyudi Wahyudi Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

Abstrak

Pengawas sekolah memiliki peran strategis dalam mendukung efektivitas organisasi, khususnya di SMK Muhammadiyah yang ada di Provinsi Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kompetensi pengawas sekolah dan efektivitas organisasi di SMK Muhammadiyah Jambi dengan menggunakan pendekatan teori Human Resource Management (HRM) Territory. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Subjek penelitian melibatkan pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru di SMK Muhammadiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawas menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan penguasaan teknologi supervisi, minimnya pelatihan profesional yang relevan, resistensi terhadap perubahan, dan kurangnya koordinasi dengan pemangku kepentingan sekolah. strategi yang direkomendasikan meliputi pelatihan berkelanjutan, penguatan kolaborasi dengan pemangku kepentingan, serta dukungan kebijakan yang mendukung pengembangan profesional pengawas. Dengan implementasi strategi ini, pengawas diharapkan mampu menjalankan tugasnya secara lebih efektif, meningkatkan koordinasi, dan memberikan dampak yang signifikan terhadap efektivitas organisasi sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Azhar, R. S., Nurman, J. W., & Azhar, R. P. (2021). Upaya Optimalisasi Mutu Pembelajaran Dengan Adaptasi Strategi Supervisi Akademik Ditengah Pandemi. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(2), 159-170.

Badrudin, B., Setiana, R., Fauziyyah, S., & Ramdani, S. (2024). Standarisasi Pendidikan Nasional. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1797-1808.

Beardwell, I., Holden, L., & Claydon, T. (2017). Human resource management A contemporary approach 8th edition.

Hajani, H., Padang, S., & Yuniar, Y. (2022). Peran Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 185-195.

Hidayat, W. N., Kusminin, K., Taufik, T., Nurjali, N., & Mun'amah, A. N. (2024). The Concept of TPACK through Exchange Orientation Program in Boosting Madrasa Student Achievements. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(5), 846-853.

Hidayat, W. N., Nurlaila, N., Purnomo, E., & Aziz, N. (2023). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) in Islamic Religious Education in the Digital Era. Al Hikmah: Journal of Education, 4(1), 93-106.

Maharani, D. A. (2024, December). Optimalisasi Sarpras Berbasis Kode Etik untuk Mendukung SDGs di SMP Muhammadiyah 9 Boarding School Tanggulangin. In Proceedings of Annual Islamic Conference for Learning and Management (Vol. 1, pp. 394-404).

Mahyudin, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Pengawas Dapat Meningkatkan Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan: Studi pada SD Negeri di Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(1), 79-88.

Mardiana, M., Anas, I., Simbala, W., Abbas, A. L., & Nur, A. (2024). Analisis Peran Pengawas Sekolah dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(1), 590-600.

Muamar, M. R., Meirawan, D., Munir, M., Herawan, E., & Octavira, I. N. (2024). Pelatihan Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Mentoring Untuk Peningkatan Kemampuan Suvervisi Guru Di Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(6), 5663-5673.

Putri, E. A., Tajriani, A., Syifa, A., Nurrachmawati, N., Rivai, A. A., & Amri, A. (2022). Penerapan fungsi MSDM untuk mengembangkan produktivitas kerja karyawan di lingkungan perusahaan Unilever Indonesia. Insight Management Journal, 2(3), 81-90.

Sentanu, I. G. E. P. S., Yustiari, S. H., & S AP, M. P. A. (2024). Mengelola Kolaborasi Stakeholder Dalam Pelayanan Publik. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.

Sholeh, M. (2016). Keefektifan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41-54.

Suyasa, P. T. Y., Sari, E., & Putra, I. R. P. (2020). Memahami Perilaku Kerja Kontraproduktif. Penerbit Andi.

Tursina, N., & Rudiansyah, R. (2024). Integrasi Supervisi Akademik dalam Kepemimpinan Pendidikan untuk Meningkatkan Kinerja Gurudi Era Pembelajaran Abad-21. Journal on Education, 6(4), 18161-18175.

Warisno, A. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5073-5080
Syahra, R. (2003). Modal sosial: Konsep dan aplikasi. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 5(1), 1-22
Diterbitkan
2025-03-01
Bentuk Sitasi
Budianto, Budianto, Mukhtar Latif, and Wahyudi Wahyudi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 1 (March 1, 2025): 51-63. Accessed April 23, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2731.
Section
Articles