Penerapan Metode Pembelajaran Aktif dalam Pengembangan Minat Belajar Siswa di SDN 61 Karara Kota Bima

Authors

  • Juriati Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Muhammadiyah Bima
  • Muslimin Muslimin Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Muhammadiyah Bima
  • Agus Salam Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.69896/8g76e733

Keywords:

Metode pembelajaran aktif, minat belajar, guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan metode pembelajaran aktif dan dampaknya terhadap minat belajar siswa di SDN 61 Karara Kota Bima. Penelitian ini juga bertujuan untuk mencapai pemahaman mengenai perkembangan minat belajar siswa di sekolah tersebut, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghalangi penerapan metode aktif dalam meningkatkan minat belajar siswa di SDN 61 Karara Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini meliputi guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif memberikan pengaruh positif terhadap minat siswa, yang ditandai dengan peningkatan partisipasi, konsentrasi, motivasi, serta kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Siswa menjadi lebih berpartisipasi aktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran. Namun, ada sejumlah kendala yang perlu diatasi, antara lain keterbatasan fasilitas, kesiapan guru, variasi kemampuan siswa, serta waktu pembelajaran yang terbatas. Oleh sebab itu, dibutuhkan langkah-langkah untuk mengatasi tantangan ini dan meningkatkan mutu pendidikan di SDN 61 Karara Kota Bima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adireza, Rifal, dan Rana Gustian Nugraha. 2024. “Sekolah Dasar: Akademik dan Profesional. Berpikir Kritis Sendiri Sebagai Salah Satu Keterampilan Berpikir.” 5 (5): 5451–62.
Alapján-, Vizsgálatok. 2016. “Perkembangan Remaja Usia 13-16 Tahun.” 3 (September 2019): 1–23.
Aysah, Futri, Universitas Islam, Negeri Syarif, dan Hidayatullah Jakarta. 2023. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Membaca Anak Usia Sekolah Dasar.” Dawuh Guru 3 (1): 49–62.
Ernawati, Ernawati, Makmum Raharjo, dan Rudiansyah Rudiansyah. 2024. “Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Paper Mode Quiziz untuk Kelas IV Sekolah Dasar.” Indonesian Research Journal on Education 4 (3): 864–72. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.908.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” 21 (1): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Fahmi, Zul. 2013. “Indikator Pembelajaran Aktif dalam Konteks Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM).” Al-Ta Lim Journal 20 (1): 278–84. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.24.
Fikriyah, Titi Rohaeti, Anri Solihati. 2020. “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar.” Riset Pedagogik 4 (1): 94–107.
Firdausi, Novandina Izzatillah. 2020. “Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri 37 Kaur.” Kaos GL Dergisi 8 (75): 147–54.
Ii, B A B. 2020. “Nita Nurrohmah Handayani_Bab 2_Pgsd2023.” 10–41.
Iskandar, N I N, EYAY Amran, dan E Erviyenni. 2015. “Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Learning Starts With a Question (LSQ) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Struktur Atom di Kelas X SMA Negeri 11 Pekanbaru.” 1–8.
Jenny Indrastoeti, Siti Istiyati. 2024. “Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah.” 3 (3).
Kemendikbud. 2014. “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.” Peraturan Menteri Pendidikan 53 (9): 1–11.
Kusuma, Ria Nata, dan Nurul Latifatul Inayati. 2023. “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono.” Pendidikan Islam 12: 1377–90. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3854.
Maha Dewi, Anggraeni, Aprilia Azzahra, Arda Insa

Downloads

Published

15-06-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Dalam Pengembangan Minat Belajar Siswa Di SDN 61 Karara Kota Bima”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 2 (June 15, 2025): 15–24. Accessed September 30, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2812.