Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran PAI untuk Membangun Toleransi Siswa Beda Agama di SDN 2 Labuhan Kananga
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2942Keywords:
Pendidikan Multikultural, Pendidikan Agama Islam (PAI), Toleransi, Siswa Beda AgamaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pendidikan multikultural digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan sikap toleransi siswa yang berbeda agama di SDN 2 Labuhan Kananga. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan strategi multikultural melalui salam dan doa sesuai keyakinan mereka, bekerja dalam kelompok yang berbeda, mendengarkan cerita inspiratif dari berbagai agama, dan berbicara secara terbuka. Selain dukungan masyarakat, lingkungan sekolah yang inklusif, kepemimpinan kepala sekolah yang visioner, strategi guru yang inovatif, dan kurikulum yang mendukung toleransi adalah komponen yang mendukung. Sementara itu, ada beberapa tantangan yang ditemui. Ini termasuk pemahaman siswa tentang toleransi yang masih rendah, ketersediaan guru agama yang terbatas, tidak adanya guru agama Hindu, dan stereotip tentang lingkungan luar sekolah. Pendidikan multikultural di SDN 2 Labuhan Kananga telah membantu siswa menjadi lebih toleran. Namun, guru perlu dilatih lebih lanjut dan melakukan pembiasaan berkelanjutan.
Downloads
References
Agus Munadlir,”Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikultural,” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. 2, No. 2 Agustus 2016.
Arif Husnaini, Ubabuddin,”Mengenal Keberagaman Melalui Pendidikan Multikultural Di Era Globalisasi,” Urnal Pendidikan Dan Ekonomi Volume 2, Nomor 1, Juni 2025.
Dharma Ratna Purwasari, Waston,Muh. Nur Rochim Maksum, “Konsep Pendidikan Multikultural Dalam Pandangan James A Banks” Urnal Program Studi PGMI Volume 10, Nomor 2, Juni 2023.
et al. Rasyid, A. Ramli Raffli, “Pentingnya Pendidikan Multikultural Dalam Konteks Pancasila Di Masyarakat,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 7 (2024)
Salsabila Qotrin Nada,”Upaya Guru Kelas Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri 01 Mulyorejo,”(24 mei 2023).
Sipuan, Idi Warsah, Alfauzan Amin, Adisel,” Pendekatan Pendidikan Multikultural”AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal,Volume 08 (2 May 2022).
Thomy Sastra Atmaja, “Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik,” Jurnal Basicedu 8, no. 3 (2024).
Fauzi, Rusdin, dan Akmal, “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD/MI.”(2022).
Lintang Elita, Mutiara Maulida, dan Wahyuni Wahyuni, “Penanaman Sikap Toleransi pada Peserta Didik dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 3 (2024).
Muhammad Syahmil,” Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membangun Toleransi di Lingkungan Sekolah”, Jurnal Pendidikan Islam,(2025).
Salma Murodah Putri Sasa, Nur Azmi Alwi, Inggria Kharisma, “Peran Pendidikan Multikultural dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi di Kalangan Siswa Sekolah Dasar: Kajian Literatur”Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial (Volume. 3 Nomor 4 Juli 2025).
Iftitakhul Saidah, “Implementasi Pendidikan Agama Berbasis Multikultural Untuk Mengembangkan Sikap Toleransi Beragama Siswa Di SDN Mlancu 3,” Malang, 08 April 2014.
Wahyu Hidayat, Sedya Santosa,” Memahami Konsep Belajar Anak Usia Dasar: Studi Analisis Teori Belajar Carl Rogers Serta Penerapannya di Sekolah Dasar” urnal of Primary Education Research Volume 2, Number 1, June 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hamsyah, Abd. Salam, Junaidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







