Efektivitas Penyampaian Materi Ajar Melalui Pendekatan Tiga Bahasa dalam Proses Pembelajaran di SDN Inpres Tarlawi
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2937Keywords:
Efektivitas, Implementasi, Pendekatan Tiga bahasa, Peran guru dan Keterampilan dalam bahasaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana informasi mengenai efektivitas penyampaian materi menggunakan pendekatan tiga bahasa untuk siswa yang berada di desa Tarlawi, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima. Peneliti menerapkan metode campuran (mixed methdos) dengan menggabungkan cara kuantitatif dan kualitatif, yang meliputi desain konvergen dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa yang belum mampu memahami bahasa daerah lain selain bahasa ibu mereka, hal ini menghadapkan mereka pada kesulitan dalam menyerap materi ajar. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pendekatan tiga bahasa saat menyampaikan materi pelajaran. Penggunaan lebih dari satu bahasa dalam proses belajar mengajar, khususnya di SDN Inpres Tarlawi, dapat membuka peluang baru untuk mengembangkan keterampilan berbahasa siswa. Dalam hal ini, peran guru sangat penting untuk mendukung perkembangan pembelajaran siswa. Semoga penelitian ini dapat memberikan pemahaman tambahan bagi pendidik dan membantu dalam merumuskan kebijakan yang lebih efektif untuk meningkatkan pengajaran bahasa di sekolah.
Downloads
References
Ananda Setiawan, Dkk, "Bahasa Ibu", Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara", Vol 1, No. (2024). 118-126.
Aminarti, "Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas IV Di Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Saintifik", Journal Media Didaktika, Vol. 1, No. 2 (November, 2015), 126.
Annisa Nursalamah Simanjuntak, Mia Maulia, "Solusi Efektif Untuk Mengatasi Tantangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar", Karimah Tauhid, Vol 4, No. 6 (2025).
Fauziah, & Ramadan, "Pembelajaran Berdiferensi Mendukung Perkembangan Kamampuan Bahasa Siswa Dalam Kurikulum Merdeka", (2023).
Gilang Septian, "Tantangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar", Diperbarui (16 Desember 2024).
Inayatul Ummah, Erwin Eka Saputra, dan Ahmad Ahmad, “Integrasi Linguistik Dalam Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Multidisiplin, Vol 1, No. 1 (2025), 20–33.
Izzatunisa, Amini, Dkk, "Pentingnya Strategi Pembelajaran Efektif Yang Berpusat Pada Siswa Sekolah Dasar", Jurnal Pendidikan Berkrakter, Vol, 2 No. 1 (Februari, 2024), 6-7.
Ikha Rezeki Wulandari, Muhamad Sofian Hadi, Samsul Arifin, "Analisis Tantangan Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Tangerang", Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol, 14, No. 1 (2025).
Indrayani Indrayani, Dkk, "Pelatihan Penyusunan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Yayasan Kemala Bhayangkari Makassar". JAI: Jurnal Abdimas Indonesia, Vol, 4 No. 4 (2024).
M. Sukri, Bil' Ibadirahman, "Bahasa Bima Dalam Perspektif Filsafat Bahasa Hans-Georg Gadamer", Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol, 12 No. 2 (2022).
M. Muis, Jauharoti Alfin, "Impelemntasi Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 2 Mi Persmin Wonokromo, Surabaya", Mida: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 6 No. 2 (2023), 118-126.
Nation, Asrin, Anggaran Romi, "Pendidikan Dan Bahasa: Efektivitas Kemampuan Multibahasa Siswa Sekolah Dasar Diera Digital", EUNOIA: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol, 4 No. 1 (2024), 34-35.
Nabila, Husneni & Eka Widyati, "Efektivitas Tingkat Pemahaman Siswa Kelas Tiga Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri 013 Sangatta Utara", Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol, 2 No. 2 ( Februari, 2025).
Sitohang Mustom, “Penggunaan Bahasa Daerah Sebagai Bahasa Pengantar Di Kelas Rendah Sekolah Dasar Di Kota Palangka Raya (The Use of Local language as an Instructional Language in Elementary Schools’s Early Grades in Palangka Raya),”( 2018), 129–36.
Susan Ames,"Pendidikan Multibahasa:Menjembatani Budaya Dan Bahasa", (11 November 2023).
Suttrisno, Dkk, "Dampak Penggunaan Bahasa Ibu Terhadap Pembelajaran Siswa Di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islam, Soko", Journal Of Elementary Education Reseaech, Vol 3, No. 2 (Desember, 2023), 78.
Sugiyono, “Penggunaan Big Book Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, 1 & 5 Tahun, 2021.
Trimansyah, "Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Budaya Bima Sejak Dini Pada Sekolah Dasar", FASHLUNA/Prodi STIT Sunan Giri Bima, (2025), 68.
Tri Mahajani, Ruyatul Hilal Muhtar, “Pemerolehan Bahasa Dan Penggunaan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3 & 5.
Tepu Sitepu & Rita. "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia" “Jurnal Pendidikan Bahasa.”2 & 1, 2017.
Vongsila, V., & Reinders, H, At El, "Peran Guru Dan Strategi Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa", Jurnal Guru Kita, Vol, 5 No. 4 (September, 2021), 53.
Wita Wulandari, "Efektivitas Metode Mengajar Yang Variatif Dalam Keberhasilan Pembelajaran Bahasa Inggris", Jurnal Inovasi Dan Tren, Vol, 1 No. 2 (November, 2023), 263-247.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aisyah, Hermawansyah, Junaidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







