Evaluasi dan Penguatan Kebijakan Riset Sosial Humaniora di UPM Soshum ITS Surabaya

  • Wahyuddin Wahyuddin Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Choirul Mahfud Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Soedarso Soedarso Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Zainul Muhibbin Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Kata kunci: Word Class University, Sosial Humaniora, Kebijakan Riset, Sumber Daya Manusia

Abstrak

Terhitung mulai tahun 2017, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). Dalam konteks ini, perlu dan penting untuk dievaluasi dan dibahas lebih lanjut bagaimana potret sesungguhnya (das sollen) dan seharusnya (das sein) mengenai kebijakan riset agama, sosial humaniora dan sumber daya manusia di UPT Soshum ITS agar selalu sesuai harapan, kepentingan dan kebutuhan kampus ITS PTNBH untuk menjadi bagian world class university. Oleh karena itu, kajian ini fokus pada permasalahan tentang kebijakan riset sosial humaniora dan sumber daya manusia di UPT PMK Soshum ITS Surabaya. Penelitian ini ditulis dengan menggunakan data kualitatif yang bersumber pada referensi dan literatur buku, berita, jurnal dan opini di media massa serta sumber lain yang relevan dalam penelitian ini. Penelitian ini memfokuskan pada pertanyaan-pertanyaan penting berikut ini: Pertama, apa dan bagaimana kebijakan riset sosial humaniora dan sumber daya manusia di UPT PMK Soshum ITS Surabaya menuju world class university? Kedua, bagaimana faktor pendukung dan penghambat kebijakan tentang riset sosial humaniora dan sumber daya manusia di UPT PMK Soshum ITS Surabaya? Ketiga, apa solusi dan rekomendasi kebijakan tentang riset sosial humaniora dan sumber daya manusia di UPT PMK Soshum ITS Surabaya menuju world class university?

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Anselm Strauss & Juliet Corbin, Basics of Qualitative Research, Grounded Theory Procedures and Techniques, terj M. Shodiq (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003).
Choirul Mahfud, Politik Pendidikan Islam di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
Husaini Usman, Organisasi: Teori Praktek Penelitian dan Kasus (Bandung: Alfabeta, 1996).
J. Taylor dan Steven Bogdan, Introduction to Qualitative Research Methods: The Search for Meanings (New York: John Wiley dan Son Inc., 1984).
John W. Creswell, Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, terjemahan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).
Marzuki, Metodologi Research (Yogyakarta: FE UII, 1983).
Mattew B. Miles & A. Michael Huberman, Qualitative Data Analysis, an Expanded Sourcebook-end edition (London: Sage Publication, 1994).
Mattew B. Miles & A. Michael Huberman, Qualitative Data Analysis, an Expanded Sourcebook-end edition (London: Sage Publication, 1994.
Mudjia Rahardjo, Pemikiran Kebijakan Pendidikan Kontemporer (Malang: UIN Maliki Press, 2010).
Noeng Muhajir, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Rake Sarasin,1996).
Robert C. Bogdan and Sari Knoop Biklen, Qualitative Research for Education; An Introduction to Theory and Method (Boston: Allyn Bacon, 1992).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).
Thomas R. Dye, Understanding Public Policy (Singapore: Longman, 2011). Juga bisa ditelusuri dalam Lihat James E. Anderson, Public Policy Making: An Introduction (Boston: Houghton Mifflin Company, 1998).
William N. Dunn, Analisis Kebijakan Publik (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2002).
Winarno Surahmad, Dasar dan Teknik Research dengan Metodologi Ilmiah (Bandung: Tarsito, 1986).
Kustono, D., dkk. 2010. Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

b. Sumber Internet
http://www.its.ac.id/article/visi-misi-its/id, diakses pada 12 Juli 2016, Jam 01.15 WIB.
http://www.soshum.its.ac.id/, diakses pada 12 Juli 2016, Jam 01.25 WIB.
http://www.soshum.its.ac.id/, diakses pada 12 Juli 2016, Jam 01.45 WIB.
http://www.soshum.its.ac.id/, diakses pada 12 Juli 2016, Jam 01.55 WIB.
http://www.soshum.its.ac.id/visi.html, diakses pada 12 Juli 2016, Jam 01.35 WIB..
http://www.soshum.its.ac.id/visi.html, diakses pada 12 Juli 2016, Jam 02.15 WIB.
http://kertyawitaradya.wordpress.com/2010/01/26/tinjauan-teoritis-implementasi-kebijakan-publik/ (diakses 21 Maret 2016)
Diterbitkan
2016-09-18
Bentuk Sitasi
Wahyuddin, Wahyuddin, Choirul Mahfud, Soedarso Soedarso, and Zainul Muhibbin. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 3, no. 2 (September 18, 2016): 111-124. Accessed April 26, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/76.
Section
Articles