Pengaruh Motivasi Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto

Kata kunci: Motivasi Guru, Hasil Belajar, Matematika

Abstrak

Hampir semua orang harus mengenyam pendidikan. Sebab pendidikan tidak pernah terpisah dengan kehidupan manusia. Anak-anak menerima pendidikan dari orang tuanya dan manakala anak-anak sudah dewasa dan berkeluarga mereka juga akan mendidik anak-anaknya. Begitu pula di sekolah dan di perguruan tinggi, para siswa dan mahasiswa dididik oleh guru dan dosen. Pendidikan berfungsi membantu peserta didik dalam pengembangan dirinya, pengembangan semua potensi, kecakapan serta karakteristik pribadinya ke arah yang positif. Pendidikan berfungsi mengembangkan apa yang secara potensial dan aktual telah dimiliki peserta didik, sebab peserta didik bukanlah gelas kosong yang harus diisi dari luar.

Pada kegiatan belajar mengajar banyak siswa yang kehilangan semangat belajarnya. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya motivasi yang dimiliki siswa dalam belajar. Sekolah merupakan lembaga yang tepat untuk menghasilkan manusia yang berkompeten dan memiliki daya sains. Salah satunya yaitu motivasi siswa dalam belajar untuk mencapai pendidikan nasional.

Pada hakekatnya kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu komponen dalam proses belajar mengajar merupakan pemegang peran yang sangat penting. Guru bukan hanya sekedar penyampai materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan sebagai sentral pembelajaran.

Referensi

Arikunto. Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Arikunto. Suharsini. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Bumi Aksara.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya
Dimyanti. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik. Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayatullah. Furqon. 2009. Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.
Persada
Prasetyo. Bambang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo
Rineka Cipta.
Sagala. Syaiful. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana. Nana. 2002. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2003. Metode penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Yogyakarta:
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 1, no. 1 (March 18, 2014): 1-14. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/29.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 66-75. Accessed January 24, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67.
Tanlain. Wens dkk. 1996. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Diterbitkan
2018-03-05
Bentuk Sitasi
Hidayanah, N., & Supriyanto, D. (2018, March 5). Pengaruh Motivasi Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(2), 120-132. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/182
Section
Artikel