Pengaruh Penggunaan Media Panggung Boneka terhadap Konsentrasi dan Perbendaharaan Kata Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Hidayah Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo

Authors

  • Siti Sundari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Keywords:

Panggung Boneka, bercerita, Konsentrasi, Perbendaharaan kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Panggung Boneka terhadap Konsentrasi dan Perbendaharaan Kata Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Hidayah Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 19 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 9 anak perempuan anak usia 5-6 Tahun di RA Al Hidayah Tambakrejo. Objek penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Media Panggung Boneka terhadap Konsentrasi dan Perbendaharaan Kata . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (lembar observasi), wawancara (kisi-kisi wawancara untuk guru), dan dokumentasi (catatan-catatan selama proses kegiatan berlangsung, gambar atau foto, dan RKH). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila keterampilan berkomunikasi anak telah mencapai 80% dengan kriteria sangat baik.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh konsentrasi dan perbendaharaan kata pada anak usia 5-6 Tahun di RA Al Hidayah Desa Tambakrejo. Hasil observasi yang dilakukan pada saat Pratindakan menunjukkan bahwa kosentrasi anak mencapai 38,27% dengan kriteria cukup, pada Siklus I meningkat mencapai 58,54% dengan kriteria cukup, dan pada Siklus II meningkat mencapai 89,73% dengan kriteria sangat baik. Langkah-langkah yang ditempuh untuk mengetahui pengaruh penggunaan media panggung boneka terhadap konsentrasi dan perbendaharaan kata anak yaitu sebagai berikut : 1)Mengemas Materi Pembelajaran  dengan inovatif 2)Menguasai kelas 3)Mengetahui gaya belajar anak 4)Menguasai dan paham cerita 5) tepat dalam memainkan mimik dan menggunakan intonasi dalam penyampaian.

References

http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/ diunduh pada Kamis, 10 Juli 2014 pukul 10.31 WIB
Syamsuddin dan Vismaia S. Damaianti, Metode Penelitian Pendidikan Bahasa, (Bandung: Kerjasama antara Sekolah
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 66-75. Accessed January 24, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67.
Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya, 2007), hal. 73.
Giel. 2010. Makalah Perkembangan Bahasa Anak. http://edichugiel.blogspot.com/2010/01/makalah-perkembangan-bahasa-anak.html
Whandi. 2010. Perkembangan Berbicara (Bahasa) Pada Anak-Anak Usia Dini. http://whandi.net/perkembangan-berbicara-bahasa-pada-anak-anak-usia-dini.html
Anonim. Stimulasi Bahasa Anak. http://www.infoanak.com/tag/perkembangan-bahasa-anak/
http://www.okbangetz.com/cara-menstimulus-kemampuan-bahasa-balita/
http://www.sekolahrumah.com/index.php?option=com_content&task=view&id=1030&Itemid=209
http://massofa.wordpress.com/2008/04/29/perkembangan-bahasa-anak/
Arikunto Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2018-03-13

Issue

Section

Artikel

How to Cite

Pengaruh Penggunaan Media Panggung Boneka terhadap Konsentrasi dan Perbendaharaan Kata Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Hidayah Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. (2018). PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(2), 393-399. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/291