Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di RA Darul Ulum 1 Desa Kalisat Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan

  • Rukoiyah Rukoiyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Abstrak

Orang tua adalah pendidik dalam keluarga, orang tua merupakan pendidika utama dan pertama bagi anak-anak mereka. Orang tua sebagai pengasuh dan pembimbing dalam keluarga sangat berperan dalam meletakkan dasar-dasar perilaku bagi anak-anaknya. Sejak kecil anak sudah mendapatkan Pendidikan dari kedua orang tuanya melalui keteladanan dan kebiasaan hidup sehari-hari dalam keluarga. Baik tidaknya keteladanan yang diberikan dan bagaimana kebiasaan hidup sehari-hari dalam keluarga akan mempengaruhi perkembangan jiwa anak. (Syaiful Bahri Djamarah: 2014, 53)

Referensi

Anas sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.
Anita Yus. Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2011.
Alqur’an dan terjemahan Departemen Agama, Semarang: CV Asy Syifa’ 2007.
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2009.
Musfiqon, Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, PT Prestasi Pustakaraya, 2012.
St. Aisyah, “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Tingkat Agresivitas Anak”, Jurnal, MEDTEK, (Vol.2, No. 1,April/2010), dalam https://mafiadoc.com/.../pengaruh-pola-asuh-orang-tua-terhadap-tingkat-agresivitas-anak, Kamis 27 Desember 2018.
Syaiful Bahri Djamarah, Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga Upaya Mambangun Citra Membentuk Pribadi Anak, Jakarta, Rineka Cipta 2014.
Supriyanto, Didik. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah 4, no. 2 (October 31, 2016): 40-57. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tahdzib/article/view/2365.
Diterbitkan
2019-04-02
Bentuk Sitasi
Rukoiyah, R. (2019, April 2). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di RA Darul Ulum 1 Desa Kalisat Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 4(1), 248-253. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/391
Section
Artikel