Pengaruh Kegiatan Melipat Kertas pada Peningkatan Motorik Halus di RA Darul Ulum Sromo Barat Pasuruan
Abstrak
Fisik motorik halus anak di RA Darul Ulum Sromo Barat Pasuruan belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas. Metode penelitian adalah metodekualitatif. Subjek penelitian adalah 26 anak didik RA Darul Ulum Sromo Barat Pasuruan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Alat yang digunakan adalah lembar instrumen observasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama pengumpulan data berlangsung dan berakhir hingga data yang dicari mencapai titik jenuh dan menemukan yang sesungguhnya dicari. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti, dapat disimpukan bahwa†metode pemberian tugas melipat kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di RA Darul Ulum Sromo Barat Pasuruan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan motorik halus peserta didik, yang mana pada penelitian awal anak masih selalu mengatakan kata “tidak bisa†walaupun belum mencoba melipat dan setelah diadakan penelitian untuk peningkatan motorik halus anak melalui melipat kertas mereka antusias dan suka dengan kegiatan melipat kertas dan hasilnya sesuai dengan harapan guru dan peneliti.
Referensi
MS Sumantri. (2005). Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.
Magill, Richard A. (1989). Motor Learning Concepts and Applications. USA: C. Brown Publishers.
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta PT Raja Grafindo Persada
Sumanto. 2006. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta:Departemen Pendidikan nasional. hal: 97
Permendikbud 137-2014 Standar Nasional PAUD.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)
Sugiyono (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.