Kompetensi Kepribadian Guru di Lembaga Pendidikan Perspektif Imam Al-Ghozali dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin

  • Siti Rohmatul Hidayah Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember
  • Anita Fitriya Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember
  • Sayyidah Syaekhotin Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember
  • Fikri Farikhin Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember
Kata kunci: Teacher Personality Competence, Al-Ghozali, Kitab Ihya 'Ulumuddin

Abstrak

There are still many problems with the personality of teachers in educational institutions today. There are many cases of teachers who lack good personalities such as not showing exemplary and so on, so that students find it difficult to find their role models. This study aims to describe the personality competencies of Imam Ghazali's perspective teachers in the Book of Ihya 'Ulumuddin. This type of research uses library research. The results of the study show that there are 4 aspects related to the personality of a teacher, namely: 1) aspects related to the heart, namely the teacher must set his intentions first; 2) aspects related to God, namely that a teacher must be zuhud (not prioritize wages); 3) aspects related to himself, namely, a teacher must be honest and be an example for his students and respect the knowledge that is occupied by other teachers; and 4) aspects related to students, namely, compassion for students, always advising students.

Referensi

Abuddin Nata, 2011. Persepektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru dan Murid, Jakarta: Raja GrafindoPersada
Al-Ghazali. Tt. Ihya' Ulumuddin, Juz I, Beirut-Libanon: Darul Kitab.
-------------. 2005, Ayyuhal Walad, terj. Fu‟ad Kauma, Bandung: Irsyad Baitus Salam
-------------. 2015. Tuntunan Menggapai Hidayah Allah SWT, Terjemah Bidayatul Hidayah, Surabaya: Mutiara Ilmu
Cece Wijaya dan Rusyan A. Tabrani, 2013. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Departemen Agama, 2006. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Surabaya: Karya Agung
Departemen Pendidikan Nasional RI, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, (Jakarta: Depdiknas, 2005)
Djamarah, Syaiful Bahri,2005. Guru dan Peserta didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta
E Mulyasa, 2010. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT Remaja Rosdakrya
-------------, 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya
------------. 2013. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Gazali, M Bahri, 1991. Konsep Ilmu Menurut Ghazali, Yogyakarta: Pedoman Ilmu Jaya
Ghazali, Al, Fatihatul Ulum, (Mesir: Al-Ittihad, tth)
Hanafiah, Nanang, Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Refika Aditama
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Salemba Humanika
http://www.Tambalutek.Blogspot.com./2012/12/Guru Profesional Dalam Persepektif Al-Ghazali. Tgl 31 Juli 2020.
Ibnu Rusn, Abidin, 1998. Pemikiran Al- Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kunandar, 2014. Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pers
Kurniawan, Syamsul, Erwin Mahrus, 2011. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Jogjakarta: AR-RUZ MEDIA
Mahrus, 2014. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, Jember: STAIN Jember Press
Moh Uzer Usman, 2014. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhibbin Syah, 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E., 2010. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Rosda Karya
Musfah, Jejen, 2011. Peningkatan Kompetensi Guru, Jakarta: Kharisma Putra Utama
Najati, Muhammad Utsman, 2005. Psikologi Dalam Al-Quran; Terapi Qurani dalam Penyembuhan Gangguan Jiwa, Jakarta: Pustaka Setia
Nana Sudjana, 2013. Penilaina Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Premaja Rosdakarya
Ngalim Purwanto, 2012. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurul Anam dan Villatus Sholikhah. 2016. The Formulation of Laduni Quotient Teaching and Learning Theory in Shaping Ulul Albab Generation and Pancasilais. Book 1 Proceeding International Conferences On Education and Training (2nd ICET) di Universitas Negeri Malang, 4-6 November 2016.
Nurul Anam. 2019. Konstruksi Teori Belajar Dan Pembelajaran Spiritual-Sufistik: Studi Kasus di Majlis Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qodir Jailani Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember. Book Proceedings 3rd Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS), Kopertais Wilayah IV Surabaya, Volume 3, Nomor 1, 2019.
Payong, Marselus R., 2011. Sertifikasi Profesi Guru, Jakarta: PT Indeks
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007, tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Qutb, Sayyid, 2002. Tafsir Fi Zhilalil Quran, terj. As’ad Yasin, Abdul Aziz Salim Basyarahil, Jakarta: Gema Insani Press
Rahman, Chaerul, 2011. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru: menjadi Guru yang Dicintai dan Diteladani oleh Siswa, Bandung: Nuansa Cendekia Remaja Rosdakarya
Rosyadi, Khoiron, 2004. Pendidikan Profetik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Standar Nasional Pendidikan Peraturan Pemerintah RI No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2013. Jakarta: Sinar Grafika
Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Syaiful Bahri Djamarah, 2015. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional
Tafsir, Ahmad, 1994. Ilmu Pendidikan Dalam Perspekrif Islam, Bandung:
Tohirin, 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pres
Ubiyati, Nur, 1997. Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Bandung: Citra Umbara
Wibowo, Agus&Hamrin, 2012, Menjadi Guru Berkarakter, yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yusuf, Syamsu dan Junantika Nurihsan Achmad, 2011. Teori Kepribadian, Bandung: PT remaja Rosdakarya.
Zainuddin, 1991. Seluk-Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara
Zed, Mestika, 2004. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Diterbitkan
2021-08-20
Bentuk Sitasi
Hidayah, S., Fitriya, A., Syaekhotin, S., & Farikhin, F. (2021, August 20). Kompetensi Kepribadian Guru di Lembaga Pendidikan Perspektif Imam Al-Ghozali dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 5(1), 1-19. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/854