Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Materi Simbol dan Makna Lambang Pancasila Siswa Kelas III di SDN
Abstrak
Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop up book terhadap hasil belajar materi simbol dan makna lambang pancasila siswa kelas III di SDN Wiyung I/453 surabaya. Penelitian ini populasinya adalah siswa kelas III, yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas III A berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas III B berjumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Dan teknik pengumpulan data menggunakan tes soal esaay dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Paired Sample T-test. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test, dapat diketahui bahwa signifikasi yang diperoleh adalah 0,000<0,05maka dapat disimpulkan bahwa Ha adanya pengaruh dari perlakuan dan Ho ditolak atau tidak adanya pengaruh dari pemberian perlakuan.Maka terdapat pengaruh yang signifikansi terdapat hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn materi simbol dan makna lambing pancasila kelas III di SDN wiyung I/453 Surabaya. Dapat dibuktikan melalui nilai-nilai hasil belajar pada mata pelajaran PPKn materi simbol dan makna lambang pancasila dengan menggunakan soal posstest siswa kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan dengan kelas kontrol, yaitu Posstest kelas Eksperimen 82,41>Posstest kelas kontrol 79,94
Referensi
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.