Pengembangan Karakter Mandiri Anak Usia Dini dalam Pendidikan Keluarga

  • Fina Almas Fadilah Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
  • Heru Kurniawan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
  • Rofikoh Ngilmiyah Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
Kata kunci: karakter mandiri, anak usia dini, dan pendidikan keluarga

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengeksplorasi pola-pola pendidikan yang dilakukan orang tua dalam mengembangkan karakter mandiri anak usia dini melalui berbagai kegiatan belajar. Di sini ditemukan lima pola penting pendidikan keluarga dalam mengembangkan karakter mandiri anak. Kelima pola itu adalah sebagai berikut: (1) pengembangan karakter mandiri anak usia dini melalui tanggung jawab yang diberikan orang tua pada anak dalam bentuk peran-peran tertentu yang harus dilakukan anak; (2) pengembangan karakter mandiri melalui persepsi fitrah yang menekankan pada pengkondisian lingkungan yang berkarakter; (3) pengembangan karakter mandiri anak usia dini melalui pemberian kebebasan pada anak dalam melakukan berbagai kegiatan; (4) pengembangan karakter mandiri melalui kagiatan pembiasaan, di mana.orang tua dengan sengaja memberikan kegiatan-kegiatan pembiasaan yang memang akan mengembangkan karakter mandiri anak usia dini; dan (5) pengembangan karakter mandiri melalui motivasi orang tua yang secara aktif memberikan motivasi pada anak untuk melakukan berbagai kegiatan yang mengembangkan karakter anak usia dini. Melalui kelma pola pendidikan keluarga inilah, orang tua berhasil mengembangkan karakter mandiri pada anak usia dini yang terepresentasikan dari sikap dan perbuatan anak setiap harinya.

Referensi

Bafirman. 2016. Pembentukan Karakter Siswa. Jakarta: Prenada Media.
Dewantara, Ki Hadjar. 1977. Karya Ki Hadjar Dewantara: Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Dwi, Rita Nova Deana dan Novi Widiastuti. 2019. Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Jurnal COMM-EDU, Vol.2.No.2.
Fathurahman, Pupuh. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Fauzi. 2021. Menguatkan Peran Keluarga dalam Ekosistem Pendidikan. Purwokerto: Rumah Kreatif Wadas Kelir Press.
Hidayati, Tutik, dkk. 2019. Pendamping Gizi Pada Balita. Yogyakarta: Deepublish.
Hubberman, Milles and Mathew B. 2015. Qualitative Data Analisys. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Hurlock, Elizabeth. 2019. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Iswidharmanjaya, Derry. Dkk. 2008. Bila Anak Usia Dini Bersekolah. Jakarta: Elex Media Komputindi.
Koesuma, Doni. 2009. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.
Mardiyana, Anissa. 2014. Hubungan Pelaksanaan Kemandirian Anak Dalam Keluarga Dengan Pelaksanaan Kemandirian Anak Di Sekolah Kelompok A PAUD Pertiwi 1 Kota Bengkulu, Skripsi (Bengkulu: Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu). Diaksesdihttp://repository.unib.ac.id/8633/ Kamis11Juni2020
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rohidi, Rohendi. 2002. Analisis Data Kualitatif: Buku tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Samiaji, Mukhamad Hamid. 2019. “Perkembangan Karakter Mandiri dan Jujur pada Anak Usia Dini: Studi Kausus Anak-anak KB Wadas Kelir Purwokerto Selatan” dalam Jurnal Thufula Volume 7 Nomor 2 Tahun 2019.
Sari, Anggun Kumayang, dkk. 2016. “Upaya Guru Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di Gugud Hiporbia” dalam Jurnal Ilmiah Potensia Volume 1 Nomor 1 Tahun 2016.
Sari, Desi Ranita, dkk. 2019. “Peran Orang Tua pada Kemandirian Anak” dalam Jurnal Pendidikan Early Childhood Volume 3 Nomor 1 Tahun 2019.
Sari, Melda, dkk. 2020. “Pengembangan Karakter Mandiri Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Batoh Banda Aceh” dalam Jurnal Imiah Mahasiswa PAUD, Volume 5 Nomor 2 Tahun 2020.
Shochib, Moh. 2000. Pola Asuh Orang Tua untuk Membantu Anak Mendisiplinkan Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
Simatupang, Nurhenti Dorlina, dkk. 2021. “Penanaman Kemandirian pada Anak Usia Dini di Sekolah” dalam Jurnal AUDHI Volume 3 Nomor 2 Tahun 2021.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Pendidikan. Bandung: Alvabeta.
Sunarti, Cucu, dkk. 2018. “Pembentukan Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori di TK Almarhamah Cimahi” dalam Jurnal Ceria Volume 1 Nomor 2 Maret 2018.
Surakhmad, Winarno. 2005. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung : Tarsito.
Syahindra, Daniel. 2020. “Menanamkan Karakter Kemandirian pada Saat Belajar pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Belawan” dalam Jurnal Riligia Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020.
Syarbani, Amirullah. 2014. Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta, PT Gramedia.
Tim Pustaka Famili. 2006. Membuat Prioritas Melatih Anak Mandiri. Yogakara: Penerbit Kansius.
Twiningsih, Anik dan Fepi Triminur H. 2019. Ayah Terlibat Keluarga Hebat Jurus Jitu Membangun Pendidikan Karakter Pada Anak. Kota Batu: CV Beta Aksara.
Usman, Husaini, at.al. 2000. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Widianto, Esi. 2015. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga, Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Vol.2. No.1.
Yulianti, Atik, dkk. “Penanaman Nilai Kemandirian pada Anak Usia Dini: Studi Kasus di Rw 05 Kelurahan Sindang Kasih Kecamatan Beber Cirebon” dalam Jurnal Cakrawala Dini Volume 11 Nomor 2 Tahun 2020.
Diterbitkan
2021-08-20
Bentuk Sitasi
Fadilah, F., Kurniawan, H., & Ngilmiyah, R. (2021, August 20). Pengembangan Karakter Mandiri Anak Usia Dini dalam Pendidikan Keluarga. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 5(1), 123-135. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/864