Pengaruh Kegiatan Bermain Peran pada Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B di RA Roudlotul Huda Blimbingsari Sooko Mojokerto Tahun Ajaran 2020/2021
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain peran anak pada kecerdasan interpersonal kelompok B di RA Roudlotul Huda Blimbingsari Sooko Mojokerto Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan uji validasi, uji reliabilitas, analisis data pre-test dan post-test, deskripsi statistik, dan uji hipotesis wilcoxon. Dari hasil uji validasi dengan meggunakan uji korelasi Pearson berdasarkan hasil perhitungan output SPSS for Windows 26.0 version didapatkan nilai korelasi pada data dinyatakan valid karena nilai rhitung > rtabel, yakni N=24 pada signifikansi 5% diperoleh 0,404. Berdasarkan data tersebut, maka penulis merumuskan bahwa Pengaruh kegiatan bermain peran pada kecerdasan interpersonal kelompok B di RA Roudlotul Huda memiliki data yang valid dan memiliki pengaruh yang signifikan.
Referensi
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Budiharjo. (2010). Sekolah Pintu masuk Perbaikan Pengetahuan Sikap dan Perilaku Gizi Seimbang Masyarakat
Brualdi, Amy C. Multiple intelligences: Gardner’s theory. ERIC Digest. Didapat dari: URL: http://www.ericdigest. org/1998-1/multiple.htm
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, 2003
Dwi Yulianti. 2010. Bermain sambil Belajar Sains di taman kanak-kanak. Jakarta: PT indeks
Lwin, May & Adam Khoo, dkk. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: Indeks.
Potmonodewo. (2009). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia Prasekolah di TK Kamaliah Kuto Baro Aceh Besar.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: Alfabeta. 2008).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.