Peran Keluarga dalam Perkembangan Sosial Emosi Anak Kelompok B1 RA Al-Islamiyah Panumbuan Raci Bangil Pasuruan

Authors

  • M. Mujib Utsmani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
  • Naning Utami STITNU Al Hikmah Mojokerto

Keywords:

peran keluarga, sosial dan emosi anak

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui permasalahan dalam penelitian ini adalah :1) bagaimana peran keluarga dalam perkembangan sosial dan emosi anak kelompok B1 di RA Al-Islamiyah Panumbuan Raci Bangil Pasuruan. 2) bagaimana tingkat perkembangan sosial dan emosi nak kelompok B1 di RA Al-Islamiyag Panumbuan Raci bangil pasuruan.metode Dalam penelitian  ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan angket atau kuosioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua terhadap pekembangan sosial emosional anak kelompok B1 di RA Al-Islamiyah Panumbuan Raci Bangil Pasuruan masih rendah. Orang tua lebih banyak menggantungkan pada guru attau sekolah. Sedangkan pada tingkat perkembangan sosial dan emosi anak kelompok B di RA Al-Islamiyah Panumbuan Raci Bangil Pasuruan sudah berkembang sangat baik.

References

Kementerian Agama RI. 2019. Petunjuk Teknis Pemberdayaan Orang Tua di
Raudhotul Athfal.. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah DirektoratJendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
Kementrian Agama RI. 2019. Petunjuk Teknis Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) RA. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah DirektoratJendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
Wiyani, Ardi, Novan. 2014. Mengelola & Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini. Jogjakarta : Ar-Ruzz.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta : Pustaka Inan Madani.
Yusuf, syamsu ,L.N. 2012 Psikologi Perkembangan Anak & Remaja : Remaja Rosdakarya.
Arikunto,Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta,
Fidesrinur, dkk. 2015. Pedoman penanaman Sikap Pendidikan usia Dini, Jakarta : : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan pendidikan Anak Usia Dini.
Ilahi, Takdir, Mohammad, Quantum Parenting; Kiat Sukses Mengasuh Anak SecaraEfektif Dan Cerdas. Jogjakarta : Kata Hati. 2013.
Selo Soemarjan. 1962. Sosiologi suatu Pengantar. Yogyakarta : Gajah
Media Press.
Jailani,, M. Syahran, “Teori Pendidikan Keluarga ddan tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan Islam IAIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Vol. 8, No.2, 2014
Ayu, Komang. 2010. Aplikasi Praktis Asuhan Keperawatan Keluarga. Jakarta: Sugeng Seto.
Gaveni, Noni, “ Pelaksanaan Program Parenting Bagi Orang Tua dalam Menumbuhkan Perilaku Keluarga Ramah Anak.”
https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/5425/3721
Hurlock, E.B. 1978. Perkembangan Anak.jilid 2. Alih bahasa: Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.
Aprianti, Ema,” Penerapa pembelajaran BCM (Bermain, Bercerita, Menyayi) Dalam Konteks Perkembangan Sosial Emosioanal Anak Usia Dini di Kober Baiturrahman Kabupaten Bandung Barat”, Tunas Siliwangi PG- PAUD IKIP Siliwangi, Vol.3, No.2,2017

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peran Keluarga dalam Perkembangan Sosial Emosi Anak Kelompok B1 RA Al-Islamiyah Panumbuan Raci Bangil Pasuruan. (2023). SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 271-285. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2160