PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM/SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI RA SALAFIYAH SYAFI’IYAH KLINTEREJO SOOKO MOJOKERTO

Authors

  • Fika Septiana S Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Keywords:

Sentra Alam/Sains, Kreatifitas Anak Usia Dini

Abstract

Salah   satu   amanat   luhur  yang  tercantum   dalam   UUD  1945 adalah, "Mencerdaskan  Kehidupan  Bangsa ." Setiap   manusia   memiliki   potensi/bakat kecerdasan, tanggung jawab pendidik untuk  memupuk   dan  mengembangkan  secara   sistematis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  pembelajaran Sentra Bahan Alam/Sains terhadap Perkembangan Kreativitas Anak kelompok B di RA Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto.

Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa data ordinal dan tidak berdistribusi normal, sehingga analisis statistik yang digunakan adalah statistic non-parametris. Uji statistic non-parametris yang digunakan adalah uji Wilcoxon Matched Pairs Test.

Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa nilai Zhitung yang diperoleh adalah –4,24 (harga (-) tidak diperhitugkan karena harga muntlak). Langkah berikutnya, memberikan intepretasi terhadap Zhitung dengan terlebih dahulu mencari harga Ztabel dengan cara mengkonsultasikannya dengan taraf sigtifikansi sebesar 0,025 sehingga  diperoleh harga Ztabel sebesar 1,96.

Jika Zhitung > Ztabel maka hipotesi nol ditolak, sebaliknya jika Zhitung < Ztabel maka hipotesis nol diterima. Dari hasil penelitian di atas, diketahui bahwa  Zhitung > Ztabel (4,24 > 1,96) maka hipotesis nihil (H0) ditolak. Ini berarti bahwa penerapan pembelajaran sentra bahan alam/sains mempunyai pengaruh terhadap kreativitas pada anak.

References

Arikunto,S.2006, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas.2010 Pedoman Penilaian Di Taman Kanak- kanak. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas.2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Pendidikan Anak
Usia Dini
Hadeli, 2006, Metode Penelitian Kependidikan, Jakarta: Quantum
Teaching.
Montolalu,B.E.F.2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Munandar,U. 1999, Kreativitas Dan Keberbakatan, Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama.
Munandar, U. 1982, Pemanduan Anak Berbakat, Jakarta: Yayasan
Pengembangan Kreativitas.
Munandar, 1999, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta:
Rineka Cipta.
Rachmawati Yeni, Kurniati Euis. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada
Muzayyinah . 2014. (Skripsi: Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui
Metode Bermain Plastisin. Gresik.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM/SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI RA SALAFIYAH SYAFI’IYAH KLINTEREJO SOOKO MOJOKERTO. (2023). SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 350-355. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2369