PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM/SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI RA SALAFIYAH SYAFI’IYAH KLINTEREJO SOOKO MOJOKERTO
Keywords:
Sentra Alam/Sains, Kreatifitas Anak Usia DiniAbstract
Salah satu amanat luhur yang tercantum dalam UUD 1945 adalah, "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa ." Setiap manusia memiliki potensi/bakat kecerdasan, tanggung jawab pendidik untuk memupuk dan mengembangkan secara sistematis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Sentra Bahan Alam/Sains terhadap Perkembangan Kreativitas Anak kelompok B di RA Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto.
Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa data ordinal dan tidak berdistribusi normal, sehingga analisis statistik yang digunakan adalah statistic non-parametris. Uji statistic non-parametris yang digunakan adalah uji Wilcoxon Matched Pairs Test.
Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa nilai Zhitung yang diperoleh adalah –4,24 (harga (-) tidak diperhitugkan karena harga muntlak). Langkah berikutnya, memberikan intepretasi terhadap Zhitung dengan terlebih dahulu mencari harga Ztabel dengan cara mengkonsultasikannya dengan taraf sigtifikansi sebesar 0,025 sehingga diperoleh harga Ztabel sebesar 1,96.
Jika Zhitung > Ztabel maka hipotesi nol ditolak, sebaliknya jika Zhitung < Ztabel maka hipotesis nol diterima. Dari hasil penelitian di atas, diketahui bahwa Zhitung > Ztabel (4,24 > 1,96) maka hipotesis nihil (H0) ditolak. Ini berarti bahwa penerapan pembelajaran sentra bahan alam/sains mempunyai pengaruh terhadap kreativitas pada anak.
References
Depdiknas.2010 Pedoman Penilaian Di Taman Kanak- kanak. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas.2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Pendidikan Anak
Usia Dini
Hadeli, 2006, Metode Penelitian Kependidikan, Jakarta: Quantum
Teaching.
Montolalu,B.E.F.2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Munandar,U. 1999, Kreativitas Dan Keberbakatan, Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama.
Munandar, U. 1982, Pemanduan Anak Berbakat, Jakarta: Yayasan
Pengembangan Kreativitas.
Munandar, 1999, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta:
Rineka Cipta.
Rachmawati Yeni, Kurniati Euis. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada
Muzayyinah . 2014. (Skripsi: Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui
Metode Bermain Plastisin. Gresik.