OPTIMALISASI MODEL PELAYANAN PENDIDIKAN INKLUSI TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH SEMESTA KEDUNGMALING SOOKO MOJOKERTO
Keywords:
Pendidikan inklusi, anak berkebutuhan khusus, model pelayanan, optimalisasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan model pelayanan pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus di Madrasah Ibtidaiyah Semesta Kedungmaling Sooko Mojokerto. Pendekatan yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan siswa berkebutuhan khusus, evaluasi pelaksanaan model pendidikan inklusi saat ini, serta perumusan strategi pengembangan layanan yang efektif dan responsif. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi model pelayanan pendidikan inklusi dapat meningkatkan partisipasi dan perkembangan anak berkebutuhan khusus secara signifikan melalui peningkatan sumber daya, pelatihan guru, dan keterlibatan keluarga serta masyarakat. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pengelola madrasah untuk mengimplementasikan model inklusi yang holistik dan berkelanjutan.
References
Hasanah, N., Asdiqoh, S., & Famularsih, S. (2024). Implementasi pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di madrasah. Journal of Smart Education and Learning, 1(3), 153–167.
Nugraheni, W. U. (2021). Problematika pendidikan inklusi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Klaten (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Sholawati, S. A. (2019). Manajemen pembelajaran pendidikan inklusi pada anak berkebutuhan khusus di SDN Kalirungkut-1 Surabaya. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 39-56.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Panduan pelaksanaan pendidikan inklusif. Sistem Informasi Kurikulum Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.