OPTIMALISASI MODEL PELAYANAN PENDIDIKAN INKLUSI TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH SEMESTA KEDUNGMALING SOOKO MOJOKERTO

Authors

  • Rif'an Fauzi

Keywords:

Pendidikan inklusi, anak berkebutuhan khusus, model pelayanan, optimalisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan model pelayanan pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus di Madrasah Ibtidaiyah Semesta Kedungmaling Sooko Mojokerto. Pendekatan yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan siswa berkebutuhan khusus, evaluasi pelaksanaan model pendidikan inklusi saat ini, serta perumusan strategi pengembangan layanan yang efektif dan responsif. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi model pelayanan pendidikan inklusi dapat meningkatkan partisipasi dan perkembangan anak berkebutuhan khusus secara signifikan melalui peningkatan sumber daya, pelatihan guru, dan keterlibatan keluarga serta masyarakat. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pengelola madrasah untuk mengimplementasikan model inklusi yang holistik dan berkelanjutan.

References

Hasanah, N., Asdiqoh, S., & Famularsih, S. (2024). Implementasi pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di madrasah. Journal of Smart Education and Learning, 1(3), 153–167.

Nugraheni, W. U. (2021). Problematika pendidikan inklusi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Klaten (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Sholawati, S. A. (2019). Manajemen pembelajaran pendidikan inklusi pada anak berkebutuhan khusus di SDN Kalirungkut-1 Surabaya. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 39-56.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Panduan pelaksanaan pendidikan inklusif. Sistem Informasi Kurikulum Nasional.

Downloads

Published

2025-05-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

OPTIMALISASI MODEL PELAYANAN PENDIDIKAN INKLUSI TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH SEMESTA KEDUNGMALING SOOKO MOJOKERTO. (2025). SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 11-30. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2984