PENINGKATAN LITERASI ANAK USIA DINI MELALUI METODE ACM (AKU CEPAT MEMBACA) DI RA AL GHOZALI PORONG SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.29062/seling.v10i1.2759Keywords:
literasi, metode ACM, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi anak usia dini melalui metode ACM, faktor-faktor pendukung dan penghambat serta solusi yang direkomendasikan. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Raudhatul Athfal (RA) Al Ghozali Porong Sidoarjo. Subyek penelitian yaitu anak, yayasan, guru dan orangtua. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara, observasi, studi dokumen. Analisis data yang telah terkumpul dengan menggunakan tahapan Miles and Huberman. Hasil penelitian; metode ACM dapat menumbuhkan kemampuan literasi baca tulis anak usia dini dengan mudah, cepat, menyenangkan dan anti lupa. Faktor pendukung yaitu metode ACM dilengkapi dengan perangkat pembelajaran yang menarik diantaranta modul buku, alat peraga, kartu baca (Flash Card), media interaktif, audio visual lagu dan tepuk, adanya dukungan dari semua pihak terkait yaitu yayasan, kepala sekolah guru dan orangtua, guru mengikuti pelatihan yang terstandarisasi. Faktor penghambat yaitu ada beberapa anak yang jarang masuk sekolah dengan berbagai alasan sehingga kemampuan literasi baca tulisnya belum berkembang sesuai harapan. Saran untuk perbaikan, sebaiknya perlu pelibatan orangtua untuk menumbukan literasi anak dengan memotivasi anak rajin sekolah, program literasi membacakan buku cerita di rumah.
References
Otto, Beverly. (2015). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Jakarta:Prenadamedia Group
Cresswell, John. W. (2014) Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Indrawati. (2023). Animo Masyarakat terhadap Pendidikan Gratis di SMK Nurul Huda Desa Ulak Kembahang Pemulutan Barat Kabupaten Ogun Hilir. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII). Vol.1 No.1 105-116
Indriana, D. A. (2023). Pengaruh Metode ACM (Aku Cepat Membaca) terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok A1 di RA Masjid Al Akbar Surabaya. Skripsi.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak. Jakarta
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2021). Pengembangan Literasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jakarta
Kompasiana. (2023). Budaya Literasi Rendah, Menjadikan Indonesia Sebagai Peringkat Ke-2 Terbawah Dunia Tentang Literasi. Diakses https://www.kompasiana.com/bintangramadhan5/6569c1d8c57afb21aa32dc23/budaya-literasi-rendah-menjadikan-indonesia-sebagai-peringkat-ke-2-terbawah-dunia-tentang-literasi (11 November 2023)
Miles, Mathew B dan Huberman, A. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press
Mustikawati, M., & Fitriani, S. N. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran ACM (Aku Cepat Membaca) dalam Meningkatkan Literasi Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 20(2), 58–78. https://doi.org/10.37216/tadib.v20i2.726
Sevima. (2020). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. Diakses https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/ (12 November 2023)
Sulthon, M., & Tsuroyah, N. (2022). Metode Belajar ACM Aku Cepat Membaca. Surabaya: Penerbit Pena Ameen
Tsuroyah, N. (2021). Panduan Identifikasi Peserta Didik Metode ACM. Surabaya: Penerbit Pena Ameen
Tsuroyah, N. (2021). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembelajaran Metode ACM. Surabaya: Penerbit Pena Ameen