PERAN PENDIDIK DAN ORANGTUA DALAM MENCEGAH KECANDUAN GADGET PADA ANAK SEBAGAI PSIKOEDUKASI DI RA GHOZALI PORONG SIDOARJO

Authors

  • Ainur Risalah IAI Al Khoziny
  • Taseman Taseman IAI Al Khoziny

Keywords:

Kecanduan Gadget, Anak Usia Dini, psikoedukasi

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas program psikoedukasi yang melibatkan orang tua dan guru dalam upaya mencegah dan mengontrol kecanduan gadget pada Anak Usia Dini (AUD) di Raudhatul Athfal (RA) Al Ghozali, Porong, Sidoarjo. Latar belakang masalah ini adalah meningkatnya penggunaan smartphone yang tidak terkontrol pada AUD, menimbulkan kekhawatiran akan dampak negatifnya terhadap perkembangan anak, diperparah dengan kurangnya pemahaman dan koordinasi antara orang tua dan guru. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan orang tua dan guru, observasi langsung, serta analisis dokumen di RA Al Ghozali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program psikoedukasi berhasil meningkatkan pengetahuan dan pemahaman orang tua serta guru mengenai risiko kecanduan gadget dan strategi pencegahannya. Implikasinya terlihat pada perubahan sikap dan perilaku positif orang tua dalam menetapkan batasan waktu, menyediakan aktivitas alternatif, dan menjadi role model. Guru juga menunjukkan implementasi strategi pengendalian yang lebih terstruktur di lingkungan RA dan menjalin komunikasi yang lebih baik dengan orang tua. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi aktif antara orang tua dan guru melalui psikoedukasi adalah strategi yang sangat efektif dalam mengontrol penggunaan smartphone pada AUD, sehingga secara signifikan mengurangi indikasi kecanduan gadget dan mendukung perkembangan holistik anak di era digital.

References

Adinda, R., Isni, F., & Anugrah, D. (2021). Penanganan Kecanduan Gadget pada Anak Usia Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Wantilan, Kabupaten Subang. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 01(November), 150–165.

Annisa Reginasari, V. A. (2018). MENGGALI PENGALAMAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI BERBASIS INTERNET DALAM MEMPERSIAPKAN INDONESIA MENUJU INDUSTRI 4.0. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(03), 183–196.

Ghofururrohim, N. M., Wicaksono, R. N., & Faristiana, A. R. (2023). Pengaruh Smartphone Terhadap Anak Usia Dini. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(2), 129–146. https://doi.org/10.51903/education.v3i2.340

Irfan, N. A. (2022). Strategi Pendampingan Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak di Kecamatan Sape. Pedagogos : Jurnal Pendidikan, 4(2), 10–13.

Kudus, D. H. dan W. A. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MENCEGAH ANAK KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DI ERA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 778–789.

Mardliyah, S. (2023). Dilema Keluarga di Era Digitalisasi : Antara Kecanduan Gadget , Gangguan Emosional , Perilaku Sosial pada Anak Usia Dini dan Tawaran Sekolah Alternatif. 7(1), 661–673. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3530

Nayazik, A., & Purnamasari, D. (2024). MANGGALI Literasi Digital Dampak Penggunaan Gadget bagi Anak dan Cara Mensiasatinya Penggunaan Teknologi Mobile Gadget dan Eksistensi Permainan Tradisional Pada Anak Sekolah Dasar ” menjelaskan bahwa sebelum kehadiran gadget sebagai media permainan , anak. 4, 160–167.

Novitasari, N. (2019). Dari Sisi Teknologi Yang Terus Dan Akan Semakin Berkembang Sesuai Dengan Maupun Remaja Saja , Anak-Anak Yang Masih Duduk Di Playgroup Kini Sudah. 3(2), 167–188.

Pratama, A., Maulani, E., & Fitri, Z. (2023). PKM Peran Remaja dalam mencegah Bahaya Kecanduan Gadget di Gampong Simpang Empat Kecamatan Simpang Keuramat. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 2(2), 450–459.

Riski Ana Putri Siregar, Sarwo Derta, Riri Okra, H. A. M. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI KIDS MODE UNTUK MENGONTROL PENGGUNAAN SMARTPHONE SELAMA PEMBELAJARAN DARING. Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 304–309.

Titih Nurhaipah, Nurfitriana Novitasari Iskandar, Dian Nurhidayah, D. C. (2023). ELATIHAN POLA KOMUNIKASI ORANGTUA DAN ANAK DALAM MENCEGAH KECANDUAN GADGET PADA ANGGOTA KOMUNITAS AWABE. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 7–11.

Wibowo, N. O., & N.F, S. (2023). Literasi Digital Orang Tua Siswa Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif pada Orang Tua Siswa Sekolah Dasar di Kota Surabaya dalam Mengontrol Penggunaan Smartphone). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4859–4864. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2363

Wida, M. (2019). Stimulasi Tumbuh Kembang Untuk Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak Di Posyandu Desa Clumprit, Pagelaran, Kabupaten Malang. LAPORAN AKHIR PENGABDIAN MASYARAKAT INTERNAL POLTEKKES RS Dr. SOEPRAOEN MALANG, 1(1), 1–7.

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107–119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369

Yusuf, M. (2024). Peran Psikologi Islami Dalam Menangani Kecanduan Gadget Pada Anak. Jurnal Bahusacca: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–10.

Downloads

Published

2025-08-18

Issue

Section

Articles

How to Cite

PERAN PENDIDIK DAN ORANGTUA DALAM MENCEGAH KECANDUAN GADGET PADA ANAK SEBAGAI PSIKOEDUKASI DI RA GHOZALI PORONG SIDOARJO. (2025). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 11(1), 61-73. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/2939