Uji Validitas dan Reliabilitas Tes Kebugaran Siswa Indonesia pada Siswa Kelas XI SMAN 13 Medan

  • Murniwati Tumangger Universitas Negeri Medan
  • Bertobat Lubis Universitas Negeri Medan
  • Dian Pratama Manihuruk Universitas Negeri Medan
  • Ronaldo Situmeang Universitas Negeri Medan
  • Henok Melok Tampubolon Universitas Negeri Medan
  • William Haganta Ginting Universitas Negeri Medan
Kata kunci: Validitas, Reliabilitas, Kebugaran, Siswa

Abstrak

Tes kebugaran siswa Indonesia (TKSI) merupakan tes kebugaran jasmani yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tes ini bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani siswa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas TKSI pada siswa kelas XI SMAN 13 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain uji coba. Sampel penelitian adalah 20 siswa kelas XI SMAN 13 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TKSI memiliki validitas yang tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi antara TKSI dengan tes kebugaran jasmani lain, yaitu Hand and eye cordination test, Vertical jump test, T Test, Hand touch reaction test, Dipping Test, Beep test. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa TKSI merupakan tes kebugaran jasmani yang valid dan reliabel untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani siswa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Aprianto, Joko m. 2019. Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa Ekstra Kurikuler Futsal Puteri di SMA Negeri 1 Dayun Kabupaten Siak. Pekan Baru.
Fikri, A. (2017). Meningkatkan Kebugaran Jasmani melalui Metode Latihan Sirkuit dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(1), 89–102.
Hisbunnahar, Akhmad, and Ari Wibowo Kurniawan. 2022. “JPO : Jurnal Prestasi Olahraga.” 5(2018): 136–44.
Irianto, Djoko Pekik. (2000). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Gramedia.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Modul Pelatihan Peningkatan Mutu Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Kemendikbudristek.
Lengkana, A. S. (2016). Didaktik Metodik Pembelajaran (DMP) Aktivitas Atletik. Salam Insan Mulia.
Muhajir. (2007). PendidikanJasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.
Muhtar, T., & Lengkana, A. S. (2019). Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif. UPI Sumedang Press.
Suatrean, Vicky Vickram, Wahyu Munandar, and Awaluddin. 2022. “Survey Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Maluku Tenggara.” Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa 2(1): 65–83.
Wahyuni, A’Afi, and Hari Wisnu. 2017. “Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Olahraga Angkatan 2017 Dan Angkatan 2016 FIO UNESA.” : 2.
Diterbitkan
2024-04-04
Bentuk Sitasi
Tumangger, Murniwati, Bertobat Lubis, Dian Manihuruk, Ronaldo Situmeang, Henok Tampubolon, and William Ginting. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (April 4, 2024): 303-311. Accessed May 29, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2240.
Section
Articles