Konsep Pendidikan Holistik dalam Filsafat Pendidikan Islam: Studi atas Pengembangan Konsep Pendidikan yang Berbasis pada Akal, Hati, dan Fisik
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2535Keywords:
Pendidikan holistik, filsafat pendidikan Islam, akal, hati, fisikAbstract
Pendidikan holistik dalam filsafat pendidikan Islam merupakan sebuah pendekatan yang menekankan pada pengembangan seluruh potensi manusia secara seimbang. Konsep ini mencakup pengembangan akal, hati, dan fisik yang dianggap sebagai tiga komponen utama dalam menciptakan individu yang seimbang secara intelektual, spiritual, dan jasmani. Studi ini bertujuan untuk menggali konsep pendidikan holistik dalam filsafat pendidikan Islam, serta menganalisis penerapannya dalam konteks modern. Melalui metode studi kepustakaan, artikel ini menemukan bahwa pendidikan Islam mengintegrasikan seluruh aspek kehidupan untuk mencapai kesempurnaan manusia. Dalam era modern, pendekatan holistik ini menjadi relevan untuk menjawab tantangan sistem pendidikan yang sering kali hanya fokus pada aspek kognitif semata. Artikel ini menyimpulkan bahwa pendidikan holistik yang mencakup akal, hati, dan fisik sangat penting dalam membentuk individu yang seimbang, produktif, dan bermoral.
Downloads
References
Hasyim, M. (2002). Filsafat Pendidikan Islam: Perspektif Al-Ghazali. Jakarta: UIN Press.
Nasution, H. (1989). Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Bulan Bintang.
Miller, J. P. (2007). Holistic Education: An Introduction. McGraw-Hill.
Ali, M. (2019). Integrating Spiritual and Moral Education in Modern Curriculums. Educational Review, 71(2), 123-138.
Rahman, S. (2020). Character Education and its Impact on Student Development in Indonesia. Journal of Islamic Education, 9(1), 45-60.
Zulkifli, M. (2018). Holistic Education Practices in Malaysia and Turkey: Comparative Analysis. Journal of Educational Research, 12(3), 78-91.
Smith, R. (2015). Challenges in Implementing Holistic Education in Traditional Systems. Education Policy Review, 8(4), 67-82.
Williams, L. (2016). Curriculum Innovation and Holistic Education. Journal of Curriculum Studies, 48(1), 34-50.
Johnson, R. (2018). Assessment in Holistic Education: New Approaches. Educational Assessment, 23(2), 102-117.







