Pengembangan Materi Ajar Puisi Menggunakan Media Google Class Room di Tengah Pendemi Covid-19 di Sekolah Dasar

  • Nelsa Putri Ayu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Anindytia Sri Nugraheni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Kata kunci: Puisi, Materi Ajar, Google Classroom

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh wabah covid-19 yang merambah ke berbagai negara hingga dikatakan sebagai pandemi global, pandemi ini berdampak di dunia pendidikan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar puisi melalui aplikasi google classroom,  dalam mengembangkankan materi ajar puisi di SD bisa dilaksankan dengan dua cara, yang pertama  bisa dengan penciptaan dan yang kedua dengan pengalihwahanaan. Penciptaan merupakan menciptakan puisi yang dahulunya tidak ada, dan pengalihwahanaan bisa diartikan  menciptakan puisi dari sesuatu yang sebelumnya telah ada. pengembangan materi puisi ini dilakukan menggunakan Aplikasi google classrom untuk mempermudah guru dalam meyampaikan materi ajar puisi dan mengevaluasi hasil pembelajaran selama pembelajaran daring berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan, dengan adanya kajian mengenai perkembangan ini , dapat menjadi solusi bagi guru untuk mengatasi  permasalahan dalam proses pembelajaran secara daring selama pendemi covid 19 ini dengan memanfaatkan google classroom dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Batubara Hamdan Husein, and Delila Sari Batubara. 2020. “Penggunaan Vidio Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona”. Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 5 (2):21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950.
Damono, Sapardi Djoko. 2012. “Alih Wahana”. Tanpa Kota: Editum
Pengembangan Materi Ajar Puisi di SD. Jurnal lingua. ISSN : 1829-9342 .
Fransiskus Ivan Gunawan, Stefani Geima Sunarman. “Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran”. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia Isbn: 978-602-6258-07-6.
Iqbal, Muhammad,. Sri Latifah, & Irwandani. 2019. “Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring, Inovasi Pembangunan”. Jurnal Kelit bangan. 7 (2). p-ISSN: 2354-5704. e-ISSN: 2622- 190X. 135-148.
Moleong, Lexy J. 2006. “Metode Penelitian Kualitatif”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mu’alimah, Hikmah, & Ishafit. 2017. “Pembelajaran Inkuiri Kolaboratif Daring Dengan Media Social Whats App Pada Kemampuan Komunikasi Terhadap Materi Kalor Bagi Peserta Didik Di Abad 21”. ISSN : 2527-6670. 200-205. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Iii.
Sari, Dhany Efita. 2019. “Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenia”. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (JPIS). 29(1). p-ISSN: 1412-3835. e-ISSN: 2541-4569. 9-15.
S. Iftakhar, “Google Classroom: What Works And How?,” Journal Of Education And Social Science, Vol. Iii, Pp. 12-18, 2016.
Teeuw, A. 1988. “Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra”.
Yasmin, Puti. Berita dari detik News Asal Usul Virus Corona Berasal Dari Mana Sebenarnya. Di publish pada hari Senin, 06 April 2020 pukul 12:25 wib. Di unduh dari laman web https://news.detik.com/berita/d-4966701/asal-usul-viruscorona- berasal-dari-mana-sebenarnya pada hari Senin, 25 Mei April 2020 pukul 21.20 Wib.
Zeffry. 1998. “Manusia, Mitos, dan Mitologi”. Jakarta: Fakultas Sastra
Diterbitkan
2020-09-30
Bentuk Sitasi
Putri Ayu, Nelsa, and Anindytia Sri Nugraheni. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 7, no. 2 (September 30, 2020): 221-230. Accessed November 27, 2020. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/600.
Section
Articles