Persepsi Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menanggapi Perkuliahan secara Daring Selama Masa Covid-19

Kata kunci: Persepsi, Perkuliahan Daring, Covid-19

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menanggapi proses perkuliahan dengan metode daring selama masa COVID-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dimana sampel yang digunakan sebanyak 91 mahasiswa PGSD Universitas Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara online dan angket yang disusun menggunakan google form.  Hasil penelitian tentang persepsi mahasiswa ini dibagi menjadi tiga komponen utama yaitu interaksi mahasiswa, suasana belajar, dan materi ajar. Persepsi mahasiswa mengenai interaksi mahasiswa, baik dengan dosen maupun sesama mahasiswa ketika perkuliahan daring berkurang dibanding dengan perkuliahan secara tatap muka. Sedangkan dalam suasana belajar, mahasiswa lebih menyukai pembelajaran secara tatap muka dibandingkan dengan daring. Hal ini dikarenakan mahasiswa lebih leluasa bertanya ketika bertemu secara langsung dengan dosen. Kemudian pada materi ajar, mahasiswa lebih giat mencari materi sendiri untuk menambah pengetahuan karena ketika perkuliahan mahasiswa banyak yang kurang memahami apa yang disampaikan dosen. Walaupun banyak kekurangan perkuliahan secara daring, ada juga kelebihan yang didapatkan yaitu mahasiswa lebih mandiri dalam belajar dan mencari sumber.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 105–110. https://doi.org/2579-3438
Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Erin, & Maharani, A. (2018). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Terhadap Perkuliahan Online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 337–344.
Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70. https://scholar.google.co.id/citations?user=rBoKS7EAAAAJ&hl=id&oi=sra
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110. https://doi.org/DOI:http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820 110
Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif: Jurnal Ilmu PendidikanJurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–37. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45.
Diterbitkan
2020-09-30
Bentuk Sitasi
Rahmatih, Aisa, and Asri Fauzi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 7, no. 2 (September 30, 2020): 143-153. Accessed November 28, 2020. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/618.
Section
Articles