Hubungan Pengetahuan Siswa tentang Organisasi dan Sikap Demokratis dengan Perilaku Menghargai Perbedaan Siswa Sekolah Dasar di Gugus II Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor

  • Rokiba Yahya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Arrahmaniyah Depok
Kata kunci: Sikap Demokratis, Pengetahuan Organisasi, Perilaku Menghargai Perbedaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara pengetahuan siswa tentang organisasi dan sikap demokrasi secara bersama-sama dengan perilaku menghargai perbedaan. Populasi pada penelitian ini  yakni seluruh siswa kelas V SD yang ada pada Gugus II Kecamatan Sukaraja Bogor yang berjumlah 182, dari seluruh populasi tersebut kemudian diambil sampel sebanyak 40 siswa menggunakan Teori Slovin. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional. Guna mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuisioner, kemudian yang diperoleh dari pengumpulan kuisioner kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengetahuan siswa tentang organisasi dan sikap demokratis secara bersama-sama mempunyai hubungan positif dan sangat kuat dengan Prilaku menghargai perbedaaan  di SD Gugus II Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, dengan nilai korelasi sebesar 0,987. Kontribusi variabel Pengetahuan siswa tentang organisasi dan sikap demokratis terhadap Prilaku menghargai perbedaaan dapat dihitung menggunakan rumus koefisien diterminasi KD = R2 x 100% sehingga didapat hasil sebesar 97,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Anonim. Pedoman Kegiatan Intrakurikuler PKn SMP/Mts Berdasarkan Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas, 2005.
Anoraga, Pandji & Suyati, Sri. Perilaku Keorganisasian. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 2005.
Bahar, Ahmad dan Soleh, Muh. Sukri. Penuntun Praktis Cara Belajar Mengajar yang Efisien. Surabaya: Karya Utama, 2002.
Bloom, Benyamin S. et al., Taxanomi of Educational Objectives Test. London: Longman Group Ltd, 1979.
Depdikbud Dirjen Pendasmen. Petunjuk Pelaksanaan Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jakarta: Depdikbud, 1996.
Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka, 2000.
Depdiknas. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Mata Pelajaran PKn SD/MI. Jakarta: Depdiknas, 2006.
Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Flavel, John H., Miller, Patricia H. and Miller, Scott A. Cognitive Development New Jersey: Prentice–Hall Inc., 1993.
Gafur, Abdul. Disain Instruksional. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
http://wijianto.staff.fkip.uns.ac.id/files/2009/02/ktsp-pkn-sd.pdf, diakses tanggal 10 Januari 2016.
Husen, Torsten dan Waite, T. Noville Postleth. The International Encylopedia of Educatria Reasearch a Studies Volume 1 A-B. Sydney: Pergamon Press ltd, 2002.
Irawan, Windra. “Pengembangan Nilai-nilai Demokrasi di Sekolah”. Diakses dari: http://windrawawin.wordpress.com/pendidikan/pengembangan-nilai-nilaidemokrasi-di-sekolah/ tanggal 14 Februari 2016.
Mar’at. Sikap Manusia Perubahan dan Pengukurannya. Jakarta: Ghalio Indonesia, 2002.
Muhyadi. Organisasi Teori, Struktur dan Proses. Jakarta: Depdiknas, 2005.
Nawawi, Hadari. “Pengaruh Hubungan Manusia di Kalangan Murid Terhadap Prestasi Belajar di SD”. Analisis Pendidikan. Tahun XII No. 1 2001.
Nurkancana, Wayan dan Sumatana, PPN. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 2006.
Purbarini, Sekar. Buku Pegangan Kuliah Konsep Dasar PKn. Yogyakarta: PPSD, 2008.
Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2000.
Putro W., Eko. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Roestiyah NK. Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara, 2006.
Russell, Bertrand. Human Knowledge, Its Scope and Limits. London: George Allen and Unwin Ltd., 1984
Sears, David O. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga, 2004.
Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Melalui Peningkatan Pertimbangan Moral. Jakarta: Dekdiknas, 2006.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara, 2007.
Sofhian, Subhan dan Gatara, Asep Sahid. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Pendidikan Politik, Nasionalisme, dan Demokrasi. Bandung: Fokusmedia, 2011.
Srijanti. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi: Mengembangkan Etika Berwarga Negara. Jakarta: Salemba Empat, 2009.
Sugihartono. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.
Sugiyono. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sugono, Dendy. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas, 2008.
Sukardi, Dewa Ketut. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Jakarta: Bina Aksara, 2006.
Sumarsono. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.
Supri H., Jamil Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Suriasumantri, Jujun S. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1994.
Suryadi, Ace dan Budimansyah, Dasim. Paradigma Pembangunan Pendidikan Nasional (Konsep, Teori dan Aplikasi). Bandung: Widya Aksara Press, 2009.
Suryasubrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali, 2007.
Susetyo, Yuli Fajar. “Mengembangkan Perilaku Mengajar yang Humanis”. Diakses dari: http://fajarpsy.staff.ugm.ac.id/uploads/Perilaku%20mengajar%20 humanis%20revisi%20maret%20untuk%20banjarmasin(1).doc tanggal 14 Februari 2016
Sutomo. Evaluasi Penilaian Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu, 2003.
Tim Eska Media. Edisi Lengkap UUD 1945 Hasil dan Proses Amandemen Pertama – Keempat. Jakarta: Eska Media, 2008.
Winarno. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.
Winataputra, U.S. dan Budimansyah, Dasim. Civic Education, Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: UPI Press, 2007.
Winkel, WS. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia, 2004.
Winkel, WS. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia, 2009.
Zuriah, Nurul. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti secara Kontekstual dan Futuristik. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Martono, Widiya. Pendidikan Kewarganegaraan SD kelas V dan VI. Jakarta: Arya Duta, 2010
Diterbitkan
2019-03-30
Bentuk Sitasi
Yahya, Rokiba. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6, no. 1 (March 30, 2019): 171-189. Accessed January 28, 2022. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/930.
Section
Articles