Pengaruh Kegiatan Market Day terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun

  • Neny Nur Kumalasari Universitas Negeri Surabaya
  • Rachma Hasibuan Universitas Negeri Surabaya
Kata kunci: Kegiatan Market Day, Perkembangan Sosial Emosional, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstrak

Anak usia dini merupakan anak yang berada dalam rentang usia 0-6 tahun. Pada masa ini anak mengalami proses tumbuh kembang yang unik, karena pada masa ini merupakan usia keemasan (golden ege) bagi anak untuk mengembangkan berbagai aspek yang ada pada anak. Aspek perkembangan pada anak usia dini sangat beragam salah satunya adalah aspek sosial emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan market day atas pengembangan sosial emosioal pada anak berusia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan cara pre test dan post test.  Pengambilan  data  dilakukan menggunakan metode  lembar observasi. Dalam analisis data, penulis menggunakan teknik Wilcoxon Math Pairs  dengan bantuan IBM statistik SPSS. Sampel dari penelitian ini adalah 10 anak TK B An-Nur Ridlotillah kecamatan jetis, kabupaten mojokerto. Hasil penelitian berdasarkan out put tes statistik didapatkan nilai Asymp. Sig. (2- tailed) yaitu 0,004 < 0,05.  Kesimpulan penelitiannya adalah “Hipotesis Diterimaâ€. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar sosial emosional antara Pre Test dan Pos Test. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa  adanya pengaruh atau dampak dari kegiatan  market day terhadap pengembangan sosial emosional pada anak usia 5-6 tahun.

Referensi

Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. PANDAWA, 2(2), 180–193.
Jarwandi, J., & Pembangunan, H. R. P. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anti Korupsi Pada Pembelajaran Kimia. Academy of Education Journal, 13(1), 113–126.
Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan teori belajar sosial albert bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103–111.
Prasetya, N. (2012). Kajian Aspek Interior Ruang Belajar dan Bermain Pada Taman Kanak-Kanak di Surakarta. Dimensi Interior, 10(1), 23–32.
Rahmi, E. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berwudhu Anak Usia Dini Di Tk Islam Harapan Ibu Lima Kaum.
Wahyuni, S. (2020). Implementasi Nilai Agama Moral Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Market Day Di Paud Aqila Yasmin TahUN PELAJARAN 2020/2021. IAIN SURAKARTA
Diterbitkan
2023-07-31
Bentuk Sitasi
Kumalasari, N., & Hasibuan, R. (2023, July 31). Pengaruh Kegiatan Market Day terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 322-329. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i2.1826
Section
Articles