Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Berbantuan Power Point Interaktif terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Elfi Indriani Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Universitas Negeri Padang
Kata kunci: Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Balingka Sungai Landia menggunakan model pembelajaran terpadu tipe webbed berbantuan power poin interaktif dengan tanpa menggunakan model pembelajaran terpadu tipe webbed berbantuan power poin interaktif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantutatif dengan menggunakan design quasi eksperimental dengan pretest-postest control group design. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran terpadu tipe webbed berbantuan power poin interaktif menunjukan hasil yang efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Balingka Sungai Landia. Sedangkan berdasarkan tabulasi frekuensi kategori pembelajaran Posttest tanpa menggunakan model pembelajaran terpadu tipe webbed berbantuan power poin interaktif tidak terdapat siswa yang memperoleh nilai 90. Pada model pembelajaran terpadu tipe webbed hanya berada pada nilai 75 dibandingkan dengan kelas eksperimen pada pembelajaran model terpadu tipe webbed berbantuan power poin interaktif terdapat sejumlah siswa memperoleh nilai 90.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek (Revisi). PT Rineka Cipta.
Arzfi, B. P., Desyandri, D., Erita, Y., & Zen, Z. (2023). Integrated Thematic Teaching Materials With Microsoft Sway Based on Problem Based Learning Model in Elementary School. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(1), 38–49. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/indexDOI:https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i138
Asbar, R. F., & Witarsa, R. (2020). Kajian Literatur Tentang Penerapan Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 225–236. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1220
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fitria, Y., Eliyasni, R., & Yukitama, R. (2018). Perubahan Belajar Sains Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Terintegrasi (Terpadu) Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 52. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102705
Fogarty, R. (1991). The Mindful School: How To Integrate The Curricula (6th ed.). IRI/Skylight Publishing.Inc.
Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif IPA pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1509–1517.
Hermawan, Resmini, N., & Andayani. (2009). Pembelajaran Terpadu Di SD. Universitas Terbuka.
Intang, A. B., Hamsiah, A., & Muhammadiah, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Webbed Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III-C SD Negeri Beroanging Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 09–15. https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1208
Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2231–2246. Google Scholar
Purwanto, & Kasinu. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bumi Aksara.
Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Diterbitkan
2023-06-25
Bentuk Sitasi
Indriani, Elfi, Yanti Fitria, and Yeni Erita. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 2 (June 25, 2023): 241-248. Accessed May 20, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1621.
Section
Articles