Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Webbed Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

  • Deni Okta Nadia Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Universitas Negeri Padang
  • Rahmi Yulia Universitas Negeri Padang
  • Nofia Henita Universitas Negeri Padang
Kata kunci: tematik terpadu tipe webbed, berpikir kritis, sekolah dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran terpadu model  Webbed terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain one-grup pre-test-pos-ttest. Subyek penelitian ini yakni siswa kelas IV SD Negeri 14 Simpangampek yang berjumlah 19 orang, terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes dan lembar observasi. Tes kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan dua tahap: pretest dan posttest. Dari penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada pretest adalah 72 dan posttest adalah 88. Analisis data menggunakan SPSS 26  for windows dengan uji Paired Sample t-test pada α (0,05), diperoleh nilai sig 0,018 < α (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Selanjutnya diperoleh nilai N-gain sebesar 0.561 (kategori sedang). Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran terpadu model  Webbed terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah perlakuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Andini, S. R., Putri, V. M., Devi, M. Y., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran PKn dan IPS yang Inovatif dan Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5671–5681. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1760
Armadi, A., & Astuti, Y. P. (2018). Pembelajaran terpadu tipe webbed berbasis budaya lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 185. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3282
Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Literasi Sains. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=mPgaEAAAQBAJ
Junindra, A., Fitri, H., Putri, A. R., Nasti, B., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Literasi ICT (Information and Communication Technology) pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6264–6270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1827
Kadarwati, A., & Malawi, I. (2017). PEMBELAJARAN TEMATIK: ( KONSEP DAN APLIKASI ). CV. AE MEDIA GRAFIKA. https://books.google.co.id/books?id=tq9yDwAAQBAJ
Kuntari, S. (2019). Relevansi Pendidikan Ips Dalam Arus Globalisasi. Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika, 5(1), 25. https://doi.org/10.30870/hermeneutika.v5i1.7389
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193.
Marzuki. (2017). Pembelajaran Tematik Model Webbed Berbasis Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Di SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 159–168.
Muthmainnah et al., A. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 41–48. https://doi.org/10.5281/zenodo.7677116
Pahrudin, A. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir dan Pemahaman Konsep dalam Pendidikan Agama Islam dan Sains.
Prastowo, A. (2014). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik Sd/Mi Melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(1), 1. https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a538
Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=jeCxDwAAQBAJ
Putu, N., Yuniarti, M., Putu, G. A., & Trisna, S. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Videoscribe Connected terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 160–171. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.47009
Sari, A. D. I. (2017). TIPE WEBBED KELAS IV SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH Arissona Dia Indah Sari. Didaktika, 23(2), 99–113.
Septiawan, Y., Purandina, I. P. Y., Tafonao, T., Ramlan, A. M., Dewi, N. P. C. P., Tambunan, T. S., Na’im, Z., Arlotas, R. K., & Suryaningwidi, R. (2020). STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN ERA SOCIETY 5.0 DI PERGURUAN TINGGI. Goresan Pena. https://books.google.co.id/books?id=ZewUEAAAQBAJ
Wanelly, W., & Fitria, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Integrated Dan Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Basicedu, 3(1), 180–186. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.99
Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.21009/1.01204
Diterbitkan
2023-06-25
Bentuk Sitasi
Nadia, Deni, Yanti Fitria, Yeni Erita, Rahmi Yulia, and Nofia Henita. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 2 (June 25, 2023): 231-240. Accessed May 20, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1627.
Section
Articles