Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X RPL SMK Adikarya Ranah Pesisir

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X RPL SMK ADIKARYA RANAH PESISIR

  • Randita Wulandari Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Adlia Alfiriani Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Regina Ade Darman Universitas PGRI Sumatera Barat
Kata kunci: Articulate, Desain, Grafis, Storyline

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu perlu adanya pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran dasar dsain grafis kelas X RPL SMK Adikarya Ranah Pesisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas media pembelajaran berbasis articulate storyline pada mata pelajaran dasar desain grafis kelas X RPL SMK Adikarya Ranah Pesisir yang valid dan praktis. Desain penelitian ini adalah metode Research and development (R&D) sedangkan model pengembangan yaitu ADDIE. Subjek penelitian siswa kelas X RPL SMK Adikarya Ranah Pesisir teridiri dari 27 orang siswa dan 1 orang guru, sedangkan validator media terdiri dari 3 orang dosen 1 orang guru dan ahli materi terdiri dari 1 orang dosen 1 orang guru. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis articulate storyline pada mata pelajaran dasar desain grafis kelas X RPL SMK Adikarya Ranah Pesisir dengan pengembangan menggunakan metode R&D dan dengan model pengembangan ADDIE. dari penelitian Bahwa  media  pembelajaran  berbasis  Articulate  Storyline  ini  layak  digunakan sebagai  media  pembelajaran  untuk  peserta  didik  kelas  X  RPL  SMK  Adikarya  Ranah Pesisir dengan rata-rata 72,3% dengan kategori valid untuk media sedangkan validasi materi mendapatkan rata-rata 80% dengan  kategori sangat valid.

 

 

KataKunci: Articulate, Desain, Grafis, Storyline

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Alhamid & anufia, 2019. (n.d.). instrumen pengumpulan data. 1–20.
Alwi, I. (2015). Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 140–148.
Andjarwati, T., Budiarti, E., Susilo, K. E., Yasin, M., & Soemadijo, P. S. (2021).Statistik Deskriptif. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Ardiana, (2020). Pengembangan Media Pembalajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang. JTEV, 5(2), 11–16.
Adobe, D., At, F., Integrative, T. H. E., Learning, T., On, B., Approach, S., Of, S. B., & Heritage, H. (2016). Jurnal Prima Edukasia. 4, 54–66.
Fatimah, 2019. (n.d.). analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor.8, 37–64.
Ismail, F. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Kencana.
Indirawati, (2021). Optimalisasi Penggunaan Articulate Storyline 3 Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (2021). 2(1), 24–35.
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas Iii Sdn Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214.
Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21–32.
Media Pembelajaran Interaktif Arrosyidah (2015 3).pdf. (n.d.).
Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education,3(2), 64–72.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-DasarStatistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Nana Sudjana.(2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Nurrita. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, Misykat, Volume 03, Nomor 01, Juni 2018
Pratama, R. A. ( 2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35. https://doi
Diterbitkan
2023-12-28
Bentuk Sitasi
Wulandari, Randita, Adlia Alfiriani, and Regina Darman. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 28, 2023): 259-267. Accessed February 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1838.
Section
Articles