Analisis Guru dalam Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SDN 18 Pekanbaru

  • Aika Linda Purwanti Universitas Islam Riau
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau
Kata kunci: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Abstrak

Pendidikan  merupakan suatu hal terpenting  ketika  menjamin  kualitas  SDM serta kemajuaan suatu negara. Proses pendidikan bisa menghadirkan konsep baru dan kreatif yang relevan dengan lingkungan saat ini. Pengembangan kurikulum yakni cara mengembangkan standar pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila oleh guru dikelas IV SD Negeri 18 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan motode naturalistic inquiry. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah menurut Meles and Hubermand yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau hasil verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat guru dalam perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV SDN 18 Pekanbaru telah berusaha melaksanakan setiap tahapan perencanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk mewujudkan program  di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3, 95-101. doi:https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Profil Pelajar Pancasila.
Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2021). Learning loss during COVID-19: An early systematic review. Prospects, 1–9.
Fitriyah, C, Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 1-8. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/6515/2216
Hakiky, N., Nurjanah, S., & Fauziati, E. (2023). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme. Tsaqofah : Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3, 194-202. doi:https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i2
Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 6(5), 7840–7849
Hasanah, L., Tuffahaty, N., Nada, R. F., Puspa, R. D., & Kholisoh, S. N. (2022). Orientasi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Golden Age, 6(2).
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 7. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi No.56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat.
Kemendikbud (2022). Buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementrisn Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Lestari, L. D., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2023). Analisis Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di Sdn 28 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4302-4316.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.
Majid, Awab Syaiful dan Ramadan, Zaka Hadikusuma. 2021. Etnopedagogi Pada Mata Pembelajaran Budaya Melayu Riau (BMR) di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(3). 1223-1230.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639- 3648.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 15(1), 75–94.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rachmwati, N., Marini, A., Nafiah M., Nurasiah, I., (2022) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(3) 3613-3625. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Sari, I. K., & Pirianti, A., Chairunnisa. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase A Pada Tema Bhineka Tunggal Ika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(2), 1-10. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/8691/2437
Satria, R., Adiprima, P., Wulan Sekar, K., Harjatanaya Yani, T. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, kualitatif dan RND. Bandung:PT Alfabeta.
suryadien., D, Rusmiati., D, Dewi, A, A., (2022) Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal PGMI Universitas Garut, 01(01), 27-34. https://journal.uniga.ac.id/index.php/pgmi/article/download/1754/1146
Syafi’i, F. F. (2022). Merdeka belajar: sekolah penggerak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 46–47.
Wahidmurni, (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim. http://repository.uin-malang.ac.id/1984/2/1984.pdf
Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Jurnal Lembaran Ilmu Pendidikan, 51, 76-87
Zahra, A. F. P. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas X Di Sma Negeri 7 Bandar Lampung. Universitas Lampung
Diterbitkan
2023-12-27
Bentuk Sitasi
Purwanti, Aika, and Zaka Ramadan. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 27, 2023): 525-537. Accessed February 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2106.
Section
Articles