Implementasi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Mewujudkan Pelajar yang Berkebhinekaan Global di SMP Negeri 12 Kota Semarang
Abstrak
Berkebhinekaan global adalah suatu konsep yang menekankan pentingnya pemahaman dan pengalaman siswa terhadap keberagaman budaya, agama, bahasa, dan pandangan dunia yang ada di seluruh dunia. Tujuan dari penelitian ini untuk: mendeskripsikan dan menganalisis implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila mewujudkan pelajar berkebhinekaan global di SMP Negeri 12 Kota Semarang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian fenomenologis. Desain penelitian kualitatif melalui tiga tahapan yaitu: orientasi, eksplorasi fokus, dan analisis data. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila mewujudkan pelajar berkebhinekaan global dengan melakukan prosedur perencanaan meliputi membentuk tim pelaksana P5, identifikasi kesiapan sekolah, perencanaan dimensi, tema, alokasi waktu, modul P5, Laporan P5 dan sosialisasi program. 2) Pelaksanaan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila mewujudkan pelajar berkebhinekaan global dengan melakukan prosedur pelaksanaan meliputi pengarahan dan motivasi kepala sekolah dan pelaksanaan realisasi implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila mewujudkan pelajar berkebhinekaan global. 3) Evaluasi implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila mewujudkan pelajar berkebhinekaan global dengan melakukan prosedur evaluasi meliputi evaluasi kegiatan P5, supervisi kepala sekolah dan koreksi tindak lanjut. Simpulan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila mewujudkan pelajar berkebhinekaan global melalui tiga langkah kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Downloads
Referensi
Bastian, Adolf dan Asarina Jehan Juliani, 2021. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Dewi, W. S., & Nawawi, E. 2023. Penanaman Nilai Bhinneka Tunggal Ika dan Nilai Pancasila di SMA Negeri 2 Palembang. 2(01).
Karwati, E & Donni, J. 2019. Kinerja dan Profesionalisme Kepala madrasah. Bandung: Alfabeta
Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemdikbudristek. 2022. Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Kemendikbudristek. (2024). Rapor-PBD-SMP-Negeri-12-Semarang-20328825.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.
Purwanto, N. 2020. Psikologi Pendidikan. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Rusnaini., dkk. 2021. Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(02).
Wijayanti, D. N., & Muthali’in, A. 2023. Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.