Manajemen Filantropi untuk Meningkatkan Mutu Sekolah di SMK Raden Umar Said Kudus

  • Rika Noor Laila Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah
  • Bunyamin Bunyamin Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah
  • Rasiman Rasiman Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah
Kata kunci: Manajemen Filantropi, Mutu Sekolah, Sekolah Kejuruan, SMK Raden Umar Said Kudus, Pendidikan Berkelanjutan

Abstrak

Mutu pendidikan merupakan salah satu indikator utama dalam meningkatkan daya saing sekolah, terutama di era globalisasi yang semakin kompetitif. Dalam konteks ini, filantropi pendidikan menjadi strategi yang efektif untuk mendukung peningkatan mutu sekolah, terutama dalam hal penyediaan sumber daya, pengembangan program pendidikan, dan peningkatan kesejahteraan siswa serta tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen filantropi dalam meningkatkan mutu sekolah di SMK Raden Umar Said Kudus dengan fokus pada empat aspek utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan filantropi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan (Kepala Sekolah, guru, yayasan, filantropis, dan siswa), serta studi dokumentasi terkait program filantropi yang telah diterapkan di sekolah. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara sistematis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan filantropi di SMK Raden Umar Said Kudus dilakukan melalui identifikasi kebutuhan pendidikan, penyusunan strategi penghimpunan dana, serta kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk yayasan, dunia industri, alumni, dan masyarakat. Dalam tahap pengorganisasian, sekolah membentuk tim khusus yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan dana dan sumber daya filantropi untuk memastikan efektivitas program yang dijalankan. Pelaksanaan filantropi di sekolah ini mencakup berbagai program, seperti pemberian beasiswa bagi siswa yang berprestasi, pengadaan fasilitas pendidikan, serta pengembangan kurikulum berbasis kebutuhan industri. Adapun pengawasan terhadap filantropi dilakukan melalui sistem monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan guna memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana serta dampak positif terhadap mutu pendidikan.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen filantropi yang baik berperan signifikan dalam meningkatkan mutu sekolah melalui dukungan finansial, fasilitas, serta pengembangan sumber daya manusia. Keberhasilan implementasi filantropi di SMK Raden Umar Said Kudus tidak hanya bergantung pada strategi penghimpunan dana, tetapi juga pada efektivitas pengelolaan dan keterlibatan berbagai pemangku kepentingan. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan perlunya sistem pengelolaan filantropi yang lebih terstruktur, peningkatan sinergi dengan dunia industri, serta optimalisasi teknologi dalam penggalangan dana untuk menjamin keberlanjutan program filantropi di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Bovaird, T., & Löffler, E. (2020). Public Management and Governance. London: Routledge.
Hasan, M. (2020). Strategi Penggalangan Dana Berbasis Jejaring Alumni dalam Meningkatkan Keterlibatan Donatur di Lembaga Pendidikan. Jakarta: Penerbit Akademika.
Hansmann, H. (2020). Education and Philanthropy: The Role of Nonprofit Support in School Development. New York: Oxford University Press.
Nugroho, Rosseno Aji, C. I. 2024. Dana Pendidikan Rp 665 T Habis Buat Apa? Ini Rinciannya. Https://Www.Cnbcindonesia.Com/News/20240522100412-4-540361/Dana-Pendidikan-Rp-665-t-Habis-Buat-Apa-Ini-Rinciannya.
Robbins, & Coulter, M. 2020. Management (12th Ed). In Prentice Hall.
Rusman. 2019. Manajemen Kurikulum, Jakarta: Raja Wali Pers.
Sudjana, Nana. 2021. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.
Sukmadinata, Syaodih, Nana. 2019. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Weisbrod, B. A. (2019). The Nonprofit Economy: Managing Philanthropic Funds for Educational Quality. New York: Cambridge University Press.
Diterbitkan
2025-03-26
Bentuk Sitasi
Laila, Rika, Bunyamin Bunyamin, and Rasiman Rasiman. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 1 (March 26, 2025): 392-399. Accessed April 23, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2802.
Section
Articles