Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Budaya Sekolah di SMAN 1 Gedangan
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i2.2908Keywords:
Management, Strengthening, Education, CharacterAbstract
This study aims to analyze the management of character education strengthening (PPK) in realizing school culture at SMAN 1 Gedangan. The method used is a qualitative approach with a case study design. Data were collected through in-depth interviews, participant observation, and documentation studies. The results of the study indicate that PPK planning is designed systematically based on the school's vision and mission by involving all stakeholders. Implementation is carried out through the integration of character values ??in learning, extracurricular activities, daily habits, and teacher role models. Program evaluation is carried out continuously and participatively by involving internal and external elements of the school. This study concludes that PPK management at SMAN 1 Gedangan is able to create a positive and character-based school culture through a holistic and collaborative approach. The implications of these findings emphasize the importance of strategic planning and multi-party synergy in building an effective and sustainable character education ecosystem.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam mewujudkan budaya sekolah di SMAN 1 Gedangan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan PPK dirancang secara sistematis berdasarkan visi dan misi sekolah dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Implementasi dilakukan melalui integrasi nilai karakter dalam pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, pembiasaan harian, serta keteladanan guru. Evaluasi program dilakukan secara berkelanjutan dan partisipatif dengan melibatkan unsur internal dan eksternal sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen PPK di SMAN 1 Gedangan mampu menciptakan budaya sekolah yang positif dan berkarakter melalui pendekatan holistik dan kolaboratif. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya perencanaan strategis dan sinergi multipihak dalam membangun ekosistem pendidikan karakter yang efektif dan berkelanjutan.
Downloads
References
Alifia, S., Putri, F., Nusantara, U., & Kediri, P. (n.d.). Peran Strategis Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Moral Pelajar.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative research for education: an introduction to theories and methods.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research (Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research) (4th ed.). United States of America.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (Pertama). Wal ashri Publishing.
Lickona, T. (1991). lickona. Bantam Books.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE Publication.
Purnomo, S. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA: ANTARA ASA DAN REALITA. In Sutrimo Purnomo Jurnal Kependidikan: Vol. II (Issue 2).
Samsuni, Novita Sari, M., Tri Nugraha, A., & Jamiatun. (2024). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Remaja Terhadap Perilaku Seks Pranikah di SMA Negeri 106 Jakarta Tahun 2023. 14(2), 1693–6868. http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatanArticleHistory:
Schein, E. H. (n.d.). AND AND LEADERSHIP LEADERSHIP. www.josseybass.com
Sukadari. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH. Kanwa Publisher.
Undag-Undang Republik Indonesia. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.
Warini, S., Hidayat, Y. N., Ilmi, D., Islam, P. A., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Islam, U., Sjech, N., Djamil, M., Bukittinggi, D., & Kunci, K. (2023). Education and Learning Journal TEORI BELAJAR SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN. In | ANTHOR: Education and Learning Journal (Vol. 2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tamara Vaxia Viningsih, Amrozi Khamidi, Meini Sondang Sumbawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.