Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Terhadap Mutu Pendidikan di MAN 3 Jombang

  • Amirul Mukminin Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Dewie Tri Wijayati Wardoyo Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
Kata kunci: Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hasil kajian terkait Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah terhadap Mutu Pendidikan di MAN 3 Jombang. Data diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diuji kredibilitasnya. Dalam prosesnya implementasi manajemen berbasis madrasah merupakan sistem pendidikan yang menjadi salah satu model pendidikan yang terbukti efektif dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan. Di Indonesia, sistem ini diidentikkan dengan pesantren yang menekankan pembinaan karakter dan pendidikan agama dalam lingkungan yang terkendali. Sistem pendidikan asrama, khususnya di Indonesia, telah muncul sebagai model yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui fokus pada pembentukan karakter dan pendidikan agama. Peningkatan kualitas dan pengelolaan pendidikan telah menjadi topik penting dalam diskusi kebijakan pendidikan global, terutama di negara-negara berkembang yang menghadapi tantangan besar dalam menciptakan sistem pendidikan yang efektif dan inklusif. Salah satu pendekatan yang mendapat perhatian luas adalah Manajemen Berbasis Madrasah (MBM), sebuah model desentralisasi yang memberikan kewenangan lebih besar kepada sekolah untuk mengelola sumber daya dan proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan lokal. Pendekatan ini menitikberatkan pada otonomi sekolah dalam pengambilan keputusan, pengelolaan kurikulum, serta pengembangan kapasitas guru dan tenaga kependidikan

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Ahmad. Z. A. (2015). Manajemen Berbasis Sekolah : Alternatif Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam El-Tarbawi. Vol. VIII, No. 1.
Arsyad. M. (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah di MIN 2 Muaro jambi. Jurnal Bina Ilmu Cendekia. Vol. 3, No. 1.
Asbin, P. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional di Madrasah. Jurnal Educatech. Vol. 3, No. 1.
Burmansah, Bunyamin, Qodariah. L., Yatri Ika. Dkk. (2020). Evaluation of School-Based Management Impelementation (SBM) in Madrasah Jakarta. International Journal Talent Development & Excellence. Vol. 12, No. 1.
Fitriani. (2021). Impelementasi Manajemmen Berbasis Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 11, No. 1.
Handoyo, Mudhofir, Maslamah. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Vol. 7, No. 1.
Huda, Wahyu, Karyono & Ahmad. I.K. (2020). Implementation of Authentic in Thematic Learning 2013 Curriculum at Madarsah Ibtidaiyah. International Journal of K6 Education & Management. Vol. 3. No.4.
Jeffry. S. J. Lengkong, H.N.Tambingon, J.A.M. Rawis, Nurhayati. (2018). Management Strategy for Quality Improvement of Madrasah-Based Education in North Sulawesi. International Journal of Science, Technologi & Magement.
Luneto. B., Ahmad. I. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dalam Peningkatan Akreditasi di Madrasah Aliyah Alkhairat Buntulia Kabupaten Pohuwato. Jurnal Pendidikan Isalm Al-Minhaj. Vol. 3, No, 1.
Ma’ruf. H.M, Sumadi. (2020). Implementation of the Concept and Theory of Management Functions in Efforts to Improve Quality. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR). V0l. 4.
Mufidah. (2022). Optimizing the Function of the Commite in Implemeting Madrasah-Based Management (MBM) to Reach Achievement and Independent Madrasah.
Muhaimi, Jufri Wahab, Anwar Mathlaul. (2019). Application of Madrasah Based Mangement in Improving the Quality of Aliyah Madrasah Education. International journal of Multicultural and Multireligious Undersatnding (IJMMU), Vol. 6.
Putrianingsih, Mutohar. M.P, Fuadi. I. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Journal of Pojok Guru. Vol. 1. No. 1.
Rahmatullah. M. (2021). Management Strategy for Improving the Quality of Madrasah in Banten Province : Qualitative Systematic Review. International Journal Al-Qalam. Vol. 37, No. 2.
Sulistyorini, Junaris. I, Syafi’i. A, & Mu’awanah. E. (2022). Strategic Policy to Improve Professional Madrasah-Based Management Practices. Journal of Social Studies Education Research. Vol. 13, No. 3.
Susanti, Wulansari, Harahap. K. E, & Hamengkubuwono. (2023). Impelementasi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Madrasah. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam. Vol. 2, No. 1.1-17.
Umar, Ismail. F. (2020). Implementasi Penjamin Mutu di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multisitus) di MAN Model 1 Manado, MAN 1 Kotamobagu dan MAN 1 Kota Bitung. Jurnal Ilmiah Iqra’. Vol. 14. No. 1.
Wahyuningsih, Azizah, N.U.,& Mariyanti, T. (2022). Education and Technology Management Policies and Practices in Madrasah. Internasional Transactions on Education Technology (ITEE), 1 (1), 29-34.
Widodo, Riyanto, Roesminingsih. (2020). Implementation of Islamic Senior High School Academic Quality Assurance (Multi-Site Study at Islamic Senior High School of Surbaya and Islamic Senior High School of 2 Malang). International Journal of Recent Educational Education (IJORER). Vol. 1, No. 3.
Zaid. (2021). Implementation os School Based Management to Improve the Qualitu of Islamic Education At MTS Negeri 1 in Palu City. Journal Risalah & Studi Islam. Vol. 7. No. 2.
Diterbitkan
2025-03-02
Bentuk Sitasi
Mukminin, Amirul, Amrozi Khamidi, and Dewie Wardoyo. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 1 (March 2, 2025): 201-214. Accessed April 23, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2775.
Section
Articles