Analisis Urgensi Penggunaan Media dan Bahan Ajar Berbasis Teknologi dalam Keberhasilan Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah (MI)

  • Hilda Wahyuni Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Sutiah Sutiah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Kata kunci: Media, Bahan Ajar, Teknologi, Kurikulum

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi penggunaan media dan bahan ajar berbasis teknologi dalam mendukung keberhasilan kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Seiring dengan galaknya penggunaan teknologi diberbagai lini kehidupan, pendidikan juga dituntut untuk memanfaatkan teknologi pada bidang pendidikan. Salah satunya ialah melalui penggunaan media dan bahan ajar yang dapat menjadi solusi dalam mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan dunia modern dimasa mendatang. Penelitian ini menggunakan metode literature review atau studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan melalui analisis urgensi, efektifitas dan kebutuhan terhadap media dan bahan ajar berbasis teknologi menunjukkan bahwa penggunaan media dan bahan ajar berbasis teknologi sangat penting untuk meningkatkan keberhasilan kurikulum di MI. Penggunaan media dan bahan ajar berbasis teknologi dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperdalam pemahaman konsep, berpikir kritis dan meningkatkan hasil prestasi akademik. Namun terdapat berbagai tantangan dan kendala dalam penggunaan media dan bahan ajar berbasis teknologi ini yang harus dihadapi. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasi kendala-kendala tersebut agar implementasi teknologi dalam pendidikan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Aji Silmi, T., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69–77. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37347
Asnawati, Y., & Sutiah. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809
Astuti, Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 469–473. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/327
Dennia Astuti. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Sman 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9), 1–10.
Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif ( Active Learning ) Untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 03(01), 55–64.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Nurhayani. (2023). Peran Teknologi Digital dalam Mewujudkan Merdeka Tantangan dan Peluang Bagi Pendidikan Masa Depan Belajar. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3.
Rahkman, P. A., Agustin, D. A., Negara, E. S. P., Yunita, S. M., Muhammad Yunus, F. A., & Pratiwi, A. T. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis It Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 316–326. https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24156
Rosita, D., Hidayatullah, A., & Aminuddin. (2024). ANALISIS KETERSEDIAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PANDEGLANG. Ta’dibiya Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 4(1), 1–11.
Rosmana, P. S., Iskandar, S., A, A. N. A. H., Nengsih, N. W., Nafisah, R., & Al-fath, V. I. (2023). Peranan Teknologi Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal Of Social Science Research, 3(2), 3097–3110. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APeranan
Sabaruddin, S. (2022). Pendidikan Indonesia Menghadapi Era 4.0. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 10(1), 43–49. https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.29347
Sahelatua, L. S., Vitoria, L., & Mislinawati. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media IT Dalam Pembelajaran DI SDN 1 Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 131–140.
Sastradewi, N. M. P. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Problem Solving Pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 10–19. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44855
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika: : Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Susanti, T. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sesuai Kebutuhan Siswa. Primary, 1(1), 188–196. https://primary.pascasarjana.ump.ac.id/index.php/primary/article/view/27/0
Sutiah. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Nizamia Learning Center.
Ummah, D. N., & Nadlir. (2023). Konsep Kurikulum Merdeka Dan Integrasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada Jenjang Sekolah Dasar. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 26–38. https://doi.org/10.33474/elementeris.v5i1.18907
Voogt, J., & Knezek, G. (2018). International Handbook of Information Technology in Primary and Secondary Education. In Part 1. Springer.
Zulfa, P. I., Ni’mah, M., & Amalia, N. F. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi IT dalam Mengatasi Keterbatasan Pendidikan di Era 5.0 pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.38073/jpi.v9i1.204
Diterbitkan
2024-12-26
Bentuk Sitasi
Wahyuni, Hilda, and Sutiah Sutiah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 26, 2024): 322-336. Accessed February 18, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2568.
Section
Articles