Teknologi Digital dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Pada Kurikulum Merdeka

Authors

  • Ari Susetiyo Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2443

Keywords:

Teknologi Digital, Akidah Akhlak, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini membahas tentang teknologi digital dalam pembelajaran, Pendidikan memainkan peran fundamental dalam pembangunan karakter dan moral generasi muda, terutama melalui pendidikan agama. Mata pelajaran Aqidah Akhlak bertujuan menanamkan keyakinan dan perilaku sesuai ajaran Islam. Namun, metode pengajaran tradisional perlu disesuaikan dengan perkembangan teknologi untuk menarik minat siswa. Kurikulum Merdeka memperkenalkan pendekatan fleksibel yang mengintegrasikan teknologi digital dalam pembelajaran, termasuk Aqidah Akhlak. Penggunaan teknologi digital, seperti e-learning, aplikasi pendidikan, dan multimedia interaktif, dapat meningkatkan efektivitas pengajaran dan mempersiapkan siswa menghadapi era digital. Penelitian ini mengeksplorasi implementasi teknologi digital dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada Kurikulum Merdeka dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan. Analisis dilakukan melalui teknik analisis isi, mengevaluasi manfaat dan tantangan implementasi teknologi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital dapat meningkatkan pemahaman, motivasi, partisipasi, dan efisiensi pembelajaran. Selain itu, teknologi memungkinkan personalisasi pembelajaran dan mempersiapkan siswa dengan keterampilan digital yang esensial. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan metode pengajaran Aqidah Akhlak yang lebih modern dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aranggere, Wahdina Salim. “Implementasi Program Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Di MTs Hidayatul Mubtadi; in Tasikmadu Malang,” 2022. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4494.
ARIFIN, ZUNUS, and MUHAMMAD WASITH ACHADI. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs N 9 Sleman Yogyakarta.” Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 8, no. 2 (2023): 841–54.
Arwitaningsih, Ria Putranti, Befika Fitriya Dewi, Eggi Mega Rahmawati, and Khuriyah Khuriyah. “Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Ranah Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Hadi Mojolaban Sukoharjo.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 2 (2023): 450–68.
Aryati, Setya Dwi, Mukromin Mukromin, and Faisal Kamal. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Ketersediaan Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Negeri 2 Wonosobo.” Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum 2, no. 3 (2024): 144–55.
Basri, Hasan. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Negeri 1 Yogyakarta.” Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (2023): 34–48.
Bayhaqi, Hasmi Nur, Maulidia Ilham, and Laila Badriyah. “Kompetensi Guru PAI Dalam Kurikulum Merdeka Di Era Digital.” PANDAWA 6, no. 3 (2024): 128–36.
Dinata, Rangga Iskandar, and Muh Wasith Achadi. “ANALISIS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MAN 2 SLEMAN.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 2 (2024): 202–14.
Fauzi, Muhammad Noor. “Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 4 (2023): 1661–74.
Hamid, Irsyad. “Efektivitas Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Peserta Didik Di MIUT Tanjung Bonai Aur.” eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 6, no. 1 (2024): 1–7.
Huda, Shokhekul, and Muh Wasith Achadi. “Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Kurikulum Merdeka Di Kelas 2 MIN 2 Bantul Yogyakarta.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 1 (2024): 1–10.
Muslimin, Ikhwanul. “Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Lembaga Pendidikan Islam: Studi Kasus Di Madrasah Se-Jawa Timur.” FAJAR Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2023): 31–49.
Nandalawi, Nandalawi, and Muh Wasith Achadi. “APAKAH KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN ERA SOCIETY 5.0? ANALISIS KONSEP DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DIJENJANG MA.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 3 (2023): 3779–95.
Pohan, Siti Maharani. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 2, no. 4 (2023): 414–22.
Repi, Predi Ari, Radhinal Abdullah, and Siti Halimah. “KURIKULUM MERDEKA: PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI ERA DIGITAL.” Reflektika 19, no. 1 (2024): 171–88.
Sukmawati, Anis. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 12, no. 2 (2022): 121–37.

Downloads

Published

27-03-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Pada Kurikulum Merdeka”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (March 27, 2024): 928–937. Accessed September 13, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2443.