Eksplorasi Penggunaan dan Manfaat Handphone dalam Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka SMPN 29 Medan

Authors

  • Fiha Mawaddah Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2986

Keywords:

Cellphone, Mathematics Learning, Independent Curriculum

Abstract

This study aims to explore the perceptions of students and educators as well as the form of cellphone use in learning mathematics in the Merdeka Curriculum at SMPN 29 Medan. This research uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The research subjects consisted of five students in class VIII-6 and one mathematics educator. The results showed that the majority of students and educators had a positive perception of the use of cellphones as learning aids. Mobile phones are considered capable of improving concept understanding, especially in congruent materials, through the use of applications such as GeoGebra and learning videos. In addition, students also use mobile phones to access Google Forms, search for additional information, and learn independently according to the principle of differentiation in the Merdeka Curriculum. However, there are also some obstacles such as concentration disorders due to uncontrolled use. Therefore, the role of educators is very important in providing direction and supervision so that cellphone utilization remains focused on learning objectives. These findings reinforce the importance of wise and purposeful integration of digital technology in mathematics learning in the Independent Curriculum era.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi peserta didik dan pendidik serta bentuk penggunaan handphone dalam pembelajaran matematika pada Kurikulum Merdeka di SMPN 29 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari lima peserta didik kelas VIII-6 dan satu orang pendidik matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik dan pendidik memiliki persepsi positif terhadap penggunaan handphone sebagai alat bantu pembelajaran. Handphone dianggap mampu meningkatkan pemahaman konsep, terutama dalam materi kongruen, melalui penggunaan aplikasi seperti GeoGebra dan video pembelajaran. Selain itu, peserta didik juga memanfaatkan handphone untuk mengakses Google Form, mencari informasi tambahan, dan belajar secara mandiri sesuai prinsip diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Namun, ditemukan pula beberapa kendala seperti gangguan konsentrasi akibat penggunaan yang tidak terkontrol. Oleh karena itu, peran pendidik sangat penting dalam memberikan arahan dan pengawasan agar pemanfaatan handphone tetap terfokus pada tujuan pembelajaran. Temuan ini memperkuat pentingnya integrasi teknologi digital secara bijak dan terarah dalam pembelajaran matematika di era Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka pada Guru Matematika di SMP Negeri 6 Majene. In Universitas Sulawesi Barat.

Anisatu Itsar, P., Afifah, N. R., Meirina, &, & Purrani, R. (2023). Analisis Konsentrasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika. Original Research, 58, 261–266.

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal- Penelitian-Pgsd/Article/View/54127, 11(8), 1–14.

Hidayat, A., Salim, R. F., Ilyas, & Suherman, F. (2024). Program Literasi Digital dan Etika Media Sosial bagi Pelajar. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 6(1), 63–70. https://doi.org/10.36555/jptb.v6i1.2288.

Khofifa, P. Z. (2023). Implementasi Pemanfataan Smartphone Pembelajaran PAI dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Do SMP Negeri 11 Bogor. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Maritsa. (2021). Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 94.

Narda, T., Efendy, R., & Herawaty, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Minat Siswa Dalam Belajar Matematika Di UPTD SMP Negeri 1 Barru. Jurnal Edumath, 13(2), 7–15.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 3(1). https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448

Sari, T., & Putri, J. H. (2024). Pembelajaran Matematika sebagai Wadah Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(2), 73–79.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi (Y. Yuniarsih (ed.). ALFABETA CV.

Susanti, S., Pulungan, F., Rezki, M. A., Purba, M. P., Grey, R. A., & Gaol, L. (2024). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMP IT Swasta Ad Durrah. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN (JITK), 2(1), 57–65.

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Syahra, N. P., Amaliyah, A., & Hasanah, S. N. (2022). Analisis Proses Pembelajaran Pada Matematika Materi Bangun Datar. Renjana Pendidikan Dasar, 2(2), 172–178.

Syarifah, L., & Yasin, M. (2024). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Untuk Mempersiapkan Peserta Didik Di Abad 21. October.

Yajid. (2023). Analisis Dampak Negatif Penggunaan Handphone Terhadap Anak SD. Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa. Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i2.17

Downloads

Published

29-09-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Eksplorasi Penggunaan Dan Manfaat Handphone Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka SMPN 29 Medan”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 3 (September 29, 2025): 347–357. Accessed November 27, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2986.