Analisis Keterampilan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Digital pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Analysis of Teachers' Skills in Developing Digital-Based Learning Media of the Merdeka Curriculum at Elementary Schools

  • Aisyah Aulia Dewi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ruli Astuti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Kata kunci: Keterampilan guru, media pembelajaran berbasis digital, hambatan, strategi

Abstrak

Dalam kurikulum merdeka di era revolusi 5.0 guru harus memiliki keterampilan di bidang digital dan berpikir kreatif dalam mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi bagaimana keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital, seperti permainan edukatif, video pembelajaran dan e-modul. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam mengembangkan media, serta strategi yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan dalam mengembangkan media tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, dan guru di SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru sudah mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis digital interaktif games edukatif, video pembelajaran, dan e-modul. Hambatan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yaitu manajemen waktu. Strategi yang dilakukan guru SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo yaitu dengan memanage waktu dengan baik. Sementara itu strategi kepala sekolah dalam meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital yaitu dengan mengikutkan guru dalam kegiatan pelatihan-pelatihan dan webinar.

Abstract

 In the kurikulum merdeka during the 5.0 revolution, teachers must possess skills in the digital field and think creatively when teaching in the classroom. This study aims to analyze and identify how teachers develop digital-based learning media, such as educational games, learning videos and e-modules. Additionally, this study also explains the obstacles faced by teachers in developing thes media and the strategies they use to overcome the challenges in the development process. This research uses a qualitative approach, with a case study design. The subjects of this study are school principals and teachers at SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Data collection techniques used include interviews and documentation. Based on the results of the study, it can be concluded that teachers already capable in   developing interactive digital-based learning media, including educational games, learning videos, and e-modules. A key obstacle for teachers in the process of developing learning media is time management. The strategy faced by the teachers in the process of developing learning media is time management. The strategy employed by teachers at SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo is to manage their time effectively. Meanwhile, the principal's strategy to enhance teachers' skills in developing digital-based learning media is by involving them in training activities and webinars.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abidah, Aklima, & Razak, A. (2022). Tantangan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Society 5 . 0. 7, 769–776.
Aditia, A. S., Wina, S., Nur, A. A., & Aina, M. (2023). Pengembangan Bangdzamal Sebagai Media Pembelajaran Digital PAI Kelas VI SD. 7(2), 690–703. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2079
Afriyadi, H., & Hayati, N. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital.
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. 2(1), 23–30.
Apriansyah, R., Azahra, Y., Insani, F. N., & Setiawan, U. (2023). Kajian Terhadap Pemilihan Media Dan Pengimplementasianya Bagi Peserta Didik Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 9(1), 33–48. https://doi.org/10.51836/je.v9i1.472
Arifin, M. B. U. B., & Nurdyansyah. (2018). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Umsida Press.
Astuti, R., Nisak, N. M., Nadlif, A., & Wulan Hajjatul Zamzania, A. (2021). Animated video as a Media for Learning Science in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012051
Aulia, Masduki, A., & Wulandari, S. A. (2024). Kurikukulum Merdeka : Problematik Guru dalam Implementasi Teknologi Informasi pada Proses Pembelajaran. 03(02), 65–70.
Choirun, N., & Nur, F. K. (2024). Pandangan Filosofis Terkait Problematika dan Tantangan Guru PAI di Era Society 5.0: Studi Kasus di MI Kresna Kabupaten Madiun. Jurnal Komprehenshif, 2(1), 1–10.
Dwi, A. B., Hasna, S., & Sati Lara. (2023). Media Pembelajaran Digital sebagai Implementasi Pembelajaran Inovatif untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 3951–3955.
Dwi Novia Rachmawati, Kurnia, I., & Laila, A. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Materi Karakteristik Geografis Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 106–121. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.22316
Fatmala, A. P., Wahyuningsih, T., & Biologi, P. (2024). Simbion. Journal of Science Biology and Online Learning, 1(1), 8–12.
Fauzi, M. N. (2023). Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. 7(4), 1661–1674. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2688
Haniko, P., Mayliza, R., Lubis, S., Sappaile, B. I., & Hanim, S. A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online untuk Memudahkan Guru dalam Penyampaian Materi dalam Pembelajaran. 4(2), 2862–2868.
Haryoko, M. P. P. D. S., Bahartiar, M. P. D., & M.Sc. Fajar Arwadi, S. P. (2020). Analisis Data Penelitian Penelitian Kualitatif (Konsep, Teknik, & Prosedur Analisis).
Hidayati Azkiya, M. Tamrin, Arlina Yuza, & Ade Sri Madona. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Istiqomah, A. N., Lestari, W., Anggreani, F. T., & Puji, U. W. T. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Di SD Negeri 3 Brosot. 6(2), 10–18.
Kharisma, R., Agung, R. M., & Irfan. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SD Negeri 1 Ulak Kedondong). 7(3), 1049–1063. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2239
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Era Digital. 4(3), 4–7.
Manjillatul Urba, Annisa Ramadhani, Arikah Putri Afriani, & Ade Suryanda. (2024). Generasi Z: Apa Gaya Belajar yang Ideal di Era Serba Digital? DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 50–56. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2265
Masdar Limbong, Firmansyah, Fauzi Fahmi, & Rabiatul Khairiah. (2022). Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27
Maulid, T. A., Maulana, & Isrok’atun. (2024). Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 281–294. https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/485
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7
Noor, T. R. (2021). Strategi Solutif Kepala Sekolah Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 di SDN Sumput Sidoarjo. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 20. https://doi.org/10.31958/jaf.v9i1.2658
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., Sifa, U. N., & Tangerang, U. M. (n.d.). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. 3, 243–255.
Pratiwi, N. S., Chan, F., & Zahyuni, V. (2022). Kendala Guru Dalam Menentukan Media Yang Tepat Pada Pembelajaran Ppkn Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4946–4953.
Pratiwi, Y., & Nugraheni, A. S. (2022). Problematika Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SD/MI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1479. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8977
Rahmatika, A. W. (2023). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Berbasis Digital pada Fiqih Kurikulum Merdeka di MI. 8(3), 763–768.
Rajagukguk, K. P., Hasanah, N., & Lubis. (2022). Analisis Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunukasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis, 4(04), 1–11.
Riki, R., Aulia, N. V., Ahmad, Y., Iwan, S., Bagja, W., Asep, M., & Melina, R. (2022). Pengembangan Media Digital untuk Meningkatkan Minat Siswa dan Kualitas Pembelajaran Geografi di Sekolah. 18(2), 268–286.
Syarifuddin, S., Nufus, M. S., Sasoko, W. H., Zukhruf, A., Ramdan, F., Rosnani, R., & Kurnia, A. (2024). Analisis Tingkat Keterampilan Guru Sekolah Dasar di Kota Bima dalam Pengembangan Pembelajaran Berbasis Media Interaktif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 35–48. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.387
Zulaiha, S., Meldina, T., Meisin, Agama, I., Negeri, I., Ak, J., No, G., Curup, D., & Lebong, R. (2022). Problematika Guru dalam Merdeka Belajar Menerapkan Kurikulum. 9(2).
Diterbitkan
2024-12-14
Bentuk Sitasi
Dewi, Aisyah, and Ruli Astuti. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 14, 2024): 195-210. Accessed February 17, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2614.
Section
Articles