Manajemen Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital
Abstrak
The development of information and communication technology (ICT) has changed the educational paradigm as a whole, including Islamic Religious Education (PAI). The digital era brings new opportunities as well as challenges that need to be overcome to maximize the potential of Islamic education. PAI curriculum management in the digital era requires appropriate strategies for integrating technology to increase the relevance and effectiveness of learning. The integration of technology in PAI curriculum management can increase interactivity and learning quality. Adequate technological infrastructure and solid digital skills are required from educators and students. Tailoring relevant content is key to delivering effective learning. Literature studies emphasize curriculum development that is responsive to technology, innovative learning methods, and technology-based evaluation. Policies that support the use of technology in PAI need to be improved to ensure safe and effective use. This research uses a qualitative approach to identify main themes in PAI curriculum management in the digital era, showing that ICT integration can strengthen the quality of PAI learning and prepare students to face global challenges in the digital era.
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mengubah paradigma pendidikan secara menyeluruh, termasuk dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Era digital membawa peluang baru sekaligus tantangan yang perlu diatasi untuk memaksimalkan potensi pendidikan Islam. Manajemen kurikulum PAI di era digital memerlukan strategi yang tepat untuk mengintegrasikan teknologi guna meningkatkan relevansi dan efektivitas pembelajaran. Integrasi teknologi dalam manajemen kurikulum PAI dapat meningkatkan interaktivitas dan kualitas pembelajaran. Diperlukan infrastruktur teknologi yang memadai serta keterampilan digital yang solid dari pendidik dan peserta didik. Penyesuaian konten yang relevan merupakan kunci dalam menghadirkan pembelajaran yang efektif. Studi literatur menekankan pengembangan kurikulum yang responsif terhadap teknologi, metode pembelajaran inovatif, dan evaluasi berbasis teknologi. Kebijakan yang mendukung penggunaan teknologi dalam PAI perlu ditingkatkan untuk memastikan pemanfaatan yang aman dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi tema-tema utama dalam manajemen kurikulum PAI di era digital, menunjukkan bahwa integrasi TIK dapat memperkuat kualitas pembelajaran PAI dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global dalam era digital.
Downloads
Referensi
Anam, Nurul. 2021. “Manajemen Kurikulum Pembelajaran PAI.” Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 1(2): 129–43. doi:10.53515/tdjpai.v1i2.10.
Ariffudin, Opan. 2021. “Implementasi Balanced AScorecard Dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class.” Edumaspul : Jurnal Pendidikan 5(2): 767–75.
Aslahudin, Dede Mansurulloh, Arman Paramansyah, and Ahmad Zamakhsar. 2023. “Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Tahsinia 4(2): 195–208. doi:10.37286/ojs.v7i1.93.
F, A Natsir, and Anthin Lathifah. 2023. “Manajemen Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Inovatif : Jurnal Penelitian Pendidikan Agama & Kebudayaan 9(2): 312–31.
Gafarurrozi, Muhammad. 2022. “Kurikulum PAI Di Era Digital (Konsep, Desain Dan Implementasinya).” Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 3(1): 76–95. doi:10.53515/tdjpai.v3i1.41.
Helmawati. 2020. “Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Sains dan Seni ITS 6(1): 51–66. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1.
Maisura, Maisura, Yury Ulandary, Nerru Pranuta Murnaka, Devi Syukri Azhari, Leni Erliana, and Edi Ahyani. 2023. “Strategi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Di Era Digital.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 4(3): 2733–47. doi:10.54373/imeij.v4i3.593.
Mayasari, Annisa, Yuli Supriani, and Opan Arifudin. 2021. “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran Di SMK.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(5): 340–45. doi:10.54371/jiip.v4i5.277.
Nurhayati, Elis. 2023. “Implementasi Kurikulum PAI Berbasis Teknologi.” Edutech: Jurnal Educational Technology 7(3): 201–15.
Wijaya, Toni, and Nurul Hidayati Murtafiah. 2023. “Implementasi Manajemen Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Digital.” An-Najah: Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Agama 02(02): 47–52.
Zaelani, Juanidi, Muhammad, and Muhsinin. 2023. “Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Perkembangan Terkini Dan Tantangan Di Era Digital).” Schemata: Jurnal Pascasarjana UIN Mataram 12(1): 67–80. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata/article/view/7678.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.