Kegiatan Ekstrakurikuler Tari dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Siswa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasis sumber dan metode. Sedangkan untuk menganalisis data, tahapan-tahapan yang dilakukan adalah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tari di laksanakan seminggu sekali yakni pada hari sabtu pukul 11.45-13.00 WIB. (2) faktor pendukung berasal dari dukungan pihak sekolah, wali murid, serta semangat para siswa, sedangkan faktor penghambat berasal dari kurang konsistennya jadwal latihan antara guru dan siswa, kurangnya guru yang mengajar, serta sarana dan prasarana madrasah yang belum memadai.
Downloads
Referensi
Hasanah, Uswatun. “Konsep gurunya manusia dalam perspektif munif chatib.” Jurnal Elementary 1 (2015).
Juliani, Asarina Jehan, dan Adolf Bastian. “Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila,” 2021.
Ledyta, Mely, Dwi Anggraini, dan Osa Juarsa. “Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tari dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Menggunakan Metode Add-On (Linked) di SD Negeri 07 Kabupaten Lebong.” JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar 4, no. 3 (9 Desember 2021): 363–73. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.3.%p.
Mardhiyah, Tri, dan Viana Teti Anggraeni. “Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Ektrakulikuler Seni Tari pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Al Akbar Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2020/2021,” 2020.
Mentari, Eca Gesang, Mutia Rahayu, Mhd Habibu Rahman, Puti Lestari, Aulia Rahma, Wahyu Purwasih, Nia Kurniasari, Dina Khairiah, Yuning Eka Rahma Wati, dan Muhammad Azam Muttaqin. Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini: Dilengkapi dengan Manajemen Perpustakaan dan Ekstrakurikuler. Hijaz Pustaka Mandiri, 2020.
Mustadi, Ali. Landasan pendidikan sekolah dasar. Vol. 174. UNY Press, 2020.
P, M. Afdhal Chatra, Komang Ayu Henny Achjar, Ningsi, Muhamad Rusliyadi, A. Zaenurrosyid, Nini Apriani Rumata, Iin Nirwana, dan Ayuliamita Abadi. METODE PENELITIAN KUALITATIF : Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Qadariyah, Lailatul. “Analisis Multiple Intelligences dalam Diri Anak Menurut Munif Chatib.” Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman 6, no. 2 (2018): 267–80.
Rosmawati, Febriana. “Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Siswa pada Ekstrakurikuler Bela Diri Karate di MI Modern Satu Atap Al-Azhary Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018,” 2018.
Sangadji, Etta Mamang, dan S. Sopiah. “Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian.” Yogyakarta: CV Andi Offset, 2010.
Suarca, Kadek, Soetjiningsih Soetjiningsih, dan IGA Endah Ardjana. “Kecerdasan majemuk pada anak.” Sari Pediatri 7, no. 2 (2016): 85–92.
Suharsimi, Arikunto. “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.” Jakarta: Rineka Cipta 134 (2006): 252.
Supangat, Andi. “Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, Dan Nonparametrik.” Kencana Prenada Media Group 26, no. 4 (2010): 37.
SUSETIYO, ARI. “Pendidikan Karakter Berbasis Pembiasaan dan Keteladanan (Studi Multisitus di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 1 Kota Kediri dan Madrasah Ibtida’iyah Negeri 2 Kota Kediri),” 2020.
Susetiyo, Ari, dan Suttrisno. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtida’iyah Darul Ulum Kediri.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 2 (8 Agustus 2022): 277–83. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.544.
Triwiyanto, Teguh. Pengantar pendidikan. Bumi Aksara, 2021.
Ummu, Mufidatun Aini. “Pengembangan Kecerdasan Kinestetik pada Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Bela Diri Tapak Suci di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kabupaten Banyumas,” 2016.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.