Dinamika Peluang dan Tantangan Kurikukulum Merdeka pada Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang dinamika peluang dan tantangan kurikulum merdeka pada sekolah tingkat dasar yang ada pada sekolah dasar dan juga madrasah ibtida’iyah, Menghadapi era saat ini, yaitu era society 5.0, dimana kemajuan dari era, dari zamannya seharusnya memberikan tambahan gunaa memudahkan para pendidik untuk memberikan wawasan ilmu yang lebih mudah dan jangkauan keilmuan yang berbeda dari kurikulum sebelumnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni library research, yang mana data-data dikumpulkan melalui beberapa artikel-artikel, buku, website, dan penunjang lain. Pemerintah menggagas ini utamanya dengan tujuan memberikan pendidikan yang berkualitas. Konsep ini sejalan dengan era saat ini, yaitu era society 5.0, yangmana memadukan antara perkembangan pada teknologi dengan memdaukan skill pendidik, guru, ataupun dosen, memang pada era society 5.0 ini guru dituntut untuk memiliki keterampilan, guru mmberikan pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan peserta didik, Untuk mewadahi itu semua pemerintah memberikan solusi dengan menyediakan platform merdeka untuk berbagai akses terkait kurikulum merdeka yang mana tersedia bahan ajar, macam-macam pelatihan, untuk itu guru difasilitasi hal tersebut guna mengembangkan kreativitas dan inovatif dalam mengembangkan bahan ajar. Dan yang terakhir dari tantangan dan peluang pada kurikulum merdeka sekolah dasar tentu harus didukung semua elemen sekolah, kepala sekolah atau kepala madrasah, waka kurikulum, guru, orang tua wali murid saling bekerjasama untuk kemajuan.
Downloads
Referensi
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Arifiani, I. K., & Umami, N. (2023). PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMKN 1 PAGERWOJO KABUPATEN TULUNGAGUNG. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), Article 8. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.767
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591
Damayanti, A. T., Pradana, B. E., & Putri, B. P. (2023). Literature Review:Problematika Kesiapan Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. SNHRP, 5, 465–471.
Kebijakan Pemerintah Terkait Kurikulum Merdeka. (2023, November 8). Merdeka Mengajar. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824815789465-Kebijakan-Pemerintah-Terkait-Kurikulum-Merdeka
Ketaren, A., Rahman, F., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Simanjuntak, R. (2022). Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10030
Kompasiana.com. (2022, December 17). Permasalahan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/azzahra25335/639d62554addee68e731d752/permasalahan-penerapan-kurikulum-merdeka-belajar
Marisa, M. (2021). INOVASI KURIKULUM “MERDEKA BELAJAR†DI ERA SOCIETY 5.0. Santhet : Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora, 5(1), Article 1.
Masnun, M. (2023). KESIAPAN MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MENGHADAPI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/jcm.v4i1.1327
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nastiti, F. E., & Abdu, A. R. N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ADALAH, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i1.15394
Susetiyo, A., & Fitri, N. A. N. (2022). Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i1.2041
Susetiyo, A., & Suttrisno. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtida’iyah Darul Ulum Kediri. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.544
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4(0), Article 0.
Wasito, W., & Turmudi, M. (2018). Penerapan Budaya Religius di SD al Mahrusiyah. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(1), Article 1. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i1.560
WHO Tetapkan COVID-19 Sebagai Pandemi Global, Apa Maksudnya? - National Geographic. (n.d.). Retrieved August 21, 2020, from https://nationalgeographic.grid.id/read/132059249/who-tetapkan-covid-19-sebagai-pandemi-global-apa-maksudnya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.