Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning

  • Didik Supriyanto Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis e-learning terhadap  motivasi dan prestasi belajar tematik khususnya tema 8 sub tema 1 siswa kelas IV MI Walisongo 1 Sooko Mojokerto.  Populasi penelitian ini adalah siswa siswa kelas IV MI Walisongo 1 Kedungmaling Sooko Mojokerto, dengan sampel siswa kelas IVA sebanyak 27 siswa dan IVB 27 siswa, jumlah total keseluruhan adalah 54 siswa. Pada eksperimen yang kami lakukan, Setiap kelas mendapatkan perlakuan yang sama, yaitu pre test dan post test pada kedua kelas IVA dan IVB, Di mana kelas eksperimen diberikan stimulasi berupa media video e-learning, dan kelas kontrol menggunakan cara mengajar secara konvensional (ceramah/LKS). Berdasarkan data post test pemahaman belajar siswa diperoleh, untuk kelas eksperimen skor rata-rata pembelajaran menggunakan e-learning pada pembelajaran tematik sub tema 1 sub bidang studi IPS sebesar 76,29 lebih tinggi daripada pembelajaran secara konvensional sebesar 65,37. Dan, sub bidang studi Matematika skor rata-rata 76,29 lebih tinggi daripada pembelajaran secara konvensional sebesar 66,29. Sub bidang studi SBdP Skor rata-ratanya 77,40 untuk kelas eksperimen dan 75,37 kelas kontrol. Dan, sub bidang studi Bahasa Indonesia untuk kelas eksperimen skor rata-ratanya 83,33, sedang kelas kontrol skor rata-ratanya 77,77.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Arief S. Sadiman, et al. (2007). Media Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. (2000). Media Pengajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo, Persada.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujaun Pembelajaran Yogyakarta -: Gava Media
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Media Pembelajaran, (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan, 2003)
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (1994). Prestasi Belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Gall, M. D., Joyce, P., & Borg, W. R. (2002). Educational research. New York.
Gulo, W. (2007). Metodologi penelitian. Jakarta: Grasindo
Kemendikbud. (2013). Bahan Ajar Pengelolaan Pembelajaran Tematik Terpadu
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SD Kelas IV
Oemar hamalik. (1982). Media Pendidikan. Bandung: Alumni
Republik Indonesia, “Peraturan Pemerintah No.74 Tahun 2008 tentang Guru Bab II Pasal 3 Ayat (2)
Trianto. (2011). Desain Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Diterbitkan
2018-09-26
Bentuk Sitasi
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 5, no. 1 (September 26, 2018): 112-129. Accessed February 8, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/313.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)