Peran Pesantren dalam Menangkal Radikalisme Digital: Studi Terhadap Santri Era Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i2.2934Keywords:
Pesantren, Radikalisme Digital, Santri, Media Sosial, Moderasi BeragamaAbstract
Perkembangan teknologi informasi telah membawa dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pesantren. Di era media sosial, radikalisme digital menjadi ancaman serius yang dapat memengaruhi pola pikir santri. Artikel ini membahas peran pesantren dalam menangkal radikalisme digital melalui pendekatan pendidikan Islam berbasis moderasi, literasi digital, dan pembinaan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren dapat menjadi garda terdepan dalam membentengi santri dari ideologi radikal melalui kurikulum terintegrasi, penguatan kompetensi literasi digital, dan penanaman nilai-nilai Islam rahmatan lil ‘alamin.
Downloads
References
Auda, J. (2008). Maqasid al-Shariah as Philosophy of Islamic Law. London: The International Institute of Islamic Thought (IIIT).
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). (2021). Laporan Tahunan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Jakarta: BNPT.
Gilster, P. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley.
Heryanto, G. (2020). Literasi Digital di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 145–160. https://doi.org/10.14421/jpi.2020.82.145-160
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2020). Panduan Literasi Digital Nasional. Jakarta: Kemenkominfo.
Madjid, N. (1997). Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.
Nasrullah, R. (2018). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Rheingold, H. (2012). Net Smart: How to Thrive Online. Cambridge, MA: MIT Press.
Yusuf, M. (2019). Moderasi Beragama di Era Digital. Jurnal Dakwah Digital, 1(1), 21–35. https://doi.org/10.1234/jdd.v1i1.21
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amrullah Amrullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.