Pembentukan Karakter Islami Santri melalui Pembiasaan Amal Saleh
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2348Keywords:
karakter, pembiasaan, santri, amal salehAbstract
Penelitian ini membahas tentang pembentukan karakter, yangmana karakter dari generasi penerus penting bagi kelangsungan bangsa, dan pesantren menjadi pilihan utama untuk membentuk karakter luhur santri. Kebiasaan beramal shaleh di Pondok Pesantren Blawe, Desa Blawe, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, yang berpotensi membentuk karakter santri. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggabungkan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan seperti shalat berjamaah, tertib mengikuti kegiatan di dalam pesantren, membersihkan lingkungan pesantren, dan bekerja sama memperkuat aspek spiritual serta mengembangkan nilai disiplin, tanggung jawab, kerjasama, dan kepedulian sosial. Kesimpulannya, kebiasaan beramal shaleh di Pesantren Blawe berdampak signifikan dalam membentuk karakter santri yang berkualitas dan siap berkontribusi dalam masyarakat. Penelitian ini menyoroti peran penting pesantren dalam pendidikan karakter generasi muda..
Downloads
References
Astutik, Anita Puji, and Rizal Farista. “Respon Kebijakan Kurikulum Merdeka Di Lembaga Pendidikan Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 001 (2023). https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5303.
“Buku Ajar Potret Pendidikan Islam Di Indonesia | Umsida Press.” Accessed June 12, 2024. https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-623-7578-67-3.
Haryanto, I Budi. Buku Ajar Sistem Penjaminan Mutu Pesantren. Sidoarjo: Umsida Press, 2021.
Laia, Elianus, Sesilianus Fau, and Kaminudin Telaumbanua. “STUDI KASUS KECANDUAN GADGET PADA ANAK REMAJA USIA 12-18 TAHUN DI DESA HILISATARO RAYA SERTA IMPLIKASI DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING.” FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan 2, no. 2 (August 24, 2023): 21–30. https://doi.org/10.57094/faguru.v2i2.994.
Marlangen, Ari Retno, Anita Puji Astutik, and Eni Fariyatul Fahyuni. “STRATEGI SEKOLAH DALAM MENCETAK GENERASI QUR’ANI.” Jurnal PAI Raden Fatah 5, no. 2 (2023): 339–53. https://doi.org/10.19109/pairf.v4i4.17844.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Nadifa, Diana, and Ahmad Ihwanul Muttaqin. “Pembentukan Karakter Disiplin Santri Melalui Amaliyah Yaumiyyah Di Pondok Pesantren Nurul Huda.” Risalatuna: Journal of Pesantren Studies 3, no. 1 (January 15, 2023): 1–21. https://doi.org/10.54471/rjps.v3i1.2277.
Nadlif, Ainun. Elaborasi Pendidikan Islam: Konsep Dan Kajian Islam. Sidoarjo: Umsida Press, 2019.
Nadlif, Ainun, and Istiqomah. “Buku Ajar Ilmu Pendidikan Islam.” Umsida Press, November 17, 2022, 1–191. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-038-0.
Puji Astutik, Anita. Metodologi Studi Islam Dan Kajian Islam Kontemporer Perspektif Insider/Outsider. Sidoarjo: Umsida Press, 2018.
Sugiyono, Sugiyono. Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta, 2019.
Syafe’i, I. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam.” 8 no.1 (2017): 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097.
Wahyuni, Akhtim. Pendidikan Karakter: Membentuk Pribadi Positif Dan Unggul Di Sekolah. Sidoarjo: Umsida Press, 2021.