Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Santri

Authors

  • Asyhari Eko Prayitno Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Anita Puji Astutik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2414

Keywords:

pengaruh, konsentrasi, lingkungan belajar, santri

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penelitian ini bertujuan untuk menanalisis pengaruh lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi belajar santri. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian  kuantitatif. Adapun lokasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni Pondok Pesantren Nurul Huda Al Manshurin sehingga populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh santri-santriwati di Pondok Pesantren Nurul Huda Al Manshurin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampel jenuh. Adapun analisis data yangsdigunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa di Pondok Pesantren Nurul Huda Al Manshurin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azmiyah, Ulul, and Anita Puji Astutik. “The Role of The Movement Teacher in Preparing Indonesia’s Excellent Generation.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (August 8, 2021): 396–408. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1582.
Bella Oktavianti. Hrp, -. “PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN GLOBAL CENDEKIA KAMPAR.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2021. https://repository.uin-suska.ac.id/49918/.
Danim, Sudarwan, and Dkk. Psikologi Pendidikan (Dalam Persepektif Baru). Bandung: Alfabeta, 2011.
Djamarah, and Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
E, Safitri. Konsentrasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Dan Hubungannya Dengan Lingkungan Belajar. Pendidikan Sosiologi, 2020.
Erviana, Vera Yuli. “Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 14, no. 1 (April 26, 2021): 1–9. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149.
Evriantara, Mohammad Alvin. “PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI TEOLOGI EFATA SALATIGA,” 2022. https://repository.uksw.edu//handle/123456789/28250.
Firdauz, Faiz Ridhlo Irvan. “Keefektifan Layanan Penguasaan Konten Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 6, no. 1 (August 18, 2017): 21–27. https://doi.org/10.15294/ijgc.v6i1.11376.
Hidayat, Shabil Kurnia, Dzulfikar Akbar Romadlon, and Anita Puji Astutik. “Model Pengembangan Media Poster Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Materi Surah al-Ma’un.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4, no. 1 (June 30, 2023): 138–50. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.372.
Ikhsan, Andi, Sulaiman Sulaiman, and Ruslan Ruslan. “PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SD NEGERI 2 TEUNOM ACEH JAYA.” Elementary Education Research 2, no. 4 (August 28, 2017). https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/4374.
MAULIDAH RIZKIYA. “PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS V MI SALAFIYAH KOTA CIREBON.” Diploma, S1- PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH, 2023. https://syekhnurjati.ac.id.
Misdar, Muh, Abdullah Idi, M. Isnaini, Mardeli Mardeli, Zulhijra Zulhijra, and Syarnubi Syarnubi. “PROSES PEMBELAJARAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FITK UIN RADEN FATAH PALEMBANG.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (August 30, 2017): 52–74. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i1.1382.
Noviati, Ratih, Muh Misdar, and Helen Sabera Adib. “PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 2 PALEMBANG.” Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 1 (January 30, 2019): 1–20. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3010.
Rizky Diana Saputri, Rizky Diana Saputri. “PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MA MIFTAHUL ULUM.” Tarbiyah dan Keguruan, June 30, 2022. https://idr.uin-antasari.ac.id/19808/.
Rusman. Pembelajaran Tematik Terpadu. Raja Grafindo Persada, 2019.
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
———. Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta, 2019.
Suryani, Ade Irma, and Hilyati Milla. “PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 KAUR.” Jurnal Economic Edu 3, no. 1 (2022): 40–44. https://doi.org/10.36085/jee.v3i1.4982.
Tambunan, Parlin, M. Fikry Ardhiansyah, and Muhammad Galviando Kurniawan. “PENGARUH SUASANA LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PRODUKTIF.” Jurnal Pensil?: Pendidikan Teknik Sipil 9, no. 3 (September 23, 2020): 175–82. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.16674.
Wahab, Rohmalina. Psikologi Belajar,. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.
Wulan Witriyani; Drs. Aceng Jaelani, M. Ag; Drs H. Moh Masnun. Implikasi Kondisi Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV A Di MI PGM Kota Cirebon. IAIN SNJ, 2019. //opac.syekhnurjati.ac.id%2Fperpuspusat%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D37076%26keywords%3D.

Downloads

Published

31-03-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Santri”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (March 31, 2024): 832–844. Accessed September 30, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2414.