Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2497Keywords:
Pemanfaatan Teknologi, Pendidikan, Agama IslamAbstract
Memasuki era revolusi industri yang keempat. Era 4.0 merupakan sebuah era yang menganggap teknologi sebagai kebutuhan dasar kehidupan manusia. Teknologi dalam pendidikan menjadi sebuah kebutuhan yang tak terelakkan. Perkembangan teknologi yang begitu canggih saat ini membutuhkan kemampuan untuk mengelola media dan teknologi tersebut dengan baik dalam pembelajaran PAI. Pemanfaatan media dan teknologi dalam pembelajaran PAI dapat membantu seorang guru dalam penyampaian pengetahuan, penanaman nilai, dan penguasaan ketrampilan. Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDIT Nurul Izzah dalam pemanfaatan teknologi sudah melaksanakan dengan baik upaya yang di lakukan guru PAI dalam pemanfaatan teknologi di SDIT Nurul izzah mendapat banyak manfaat seperti siswa dan guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan lebih menarik dan efisien. materi yang diajarkan lebih mudah dipahami, pembelajaran lebih menarik dan efektif.
Downloads
References
J. Pendidikan and D. Konseling, “Pengertian Pendidikan.” [Online]. Available: http://repo.iain-
U. H. Salsabila, M. Rifki, Annisa, and D. F. Abid, “Integrasi Teknologi Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka,” IHSAN?: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 2, no. 1, Jan. 2024.
I. M. Laily, A. P. Astutik, and B. Haryanto, “Instagram sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam di Era 4.0,” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, pp. 160–174, Dec. 2022, doi: 10.31538/munaddhomah.v3i2.250.
Y. A. Q. Jawaz Mr and Muh. Hanif, “Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sdn 1 Kecila,” Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, vol. 4, no. 2, pp. 710–722, Jun. 2024, doi: 10.47467/tarbiatuna.v4i2.6930.
Isti’ana Ais, “Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam,” Indonesian Research Journal on Education, vol. 4, no. 1, 2024.
A. N. G. Mahbuddin, “Model Integrasi Media dan Teknologi dalam Pembelajaran PAI,” Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), vol. 3, no. 2, pp. 183–196, Nov. 2020, doi: 10.23971/mdr.v3i2.2312.
I. Febrianti et al., “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Manajemen Perencanaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Efisiensi Pendidikan,” Academy of Education Journal, vol. 14, no. 2, pp. 506–522, Jul. 2023, doi: 10.47200/aoej.v14i2.1763.
S. Hartati, M. F. Fernadi, and E. P. Utama, “Integrasi Teknologi Baru dalam Meningkatkan Pendidikan Islam di Indonesia,” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 7, no. 2, pp. 159–178, Dec. 2022, doi: 10.46963/alliqo.v7i2.581.
N. Agustian and U. H. Salsabila, “Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran,” ISLAMIKA, vol. 3, no. 1, pp. 123–133, Jan. 2021, doi: 10.36088/Islamika.v3i1.1047.
M. Nuzli, P. Ismiah, and S. Wahyuni, “Upaya Pemanfaatan Fasilitas Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI), vol. 2, no. 3, Mar. 2022.
B. Budiyono, “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0,” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, p. 300, Jul. 2020, doi: 10.33394/jk.v6i2.2475.
A. Gunawan, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Penggunaan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran IPS SD,” Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 3, no. 2, Nov. 2016.
Moch. B. U. B. Arifin, Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Umsida Press, 2018. doi: 10.21070/2018/978-602-5914-19-5.
S. Alfia and A. Nadlif, “Application of Problem Based Learning in Grade 3 Islamic Religious Education Lessons on Disgraceful Morals in Elementary Schools,” Indonesian Journal of Education Methods Development, vol. 21, no. 2, May 2023, doi: 10.21070/ijemd.v22i.733.
O. Sugianto, L. Munawaroh, I. Supriani, hari N. Cahyono, and Nyairoh, “Peran Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Indonesian Journal of Islamic Studies, vol. 4, no. 1, Jun. 2023.
A. Adam, “Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Amanah Ilmu: Jurnal Kependidikan Islam, vol. 3, no. 1, Jun. 2023.
S. Wareha, “Pemanfaatan Teknologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PAI di SDN 04 Kepahiang,” Institut Agama Islam Negeri Curup, Curup, 2019.
U. H. Salsabila, P. L. Ramadhan, N. Hidayatullah, and S. N. Anggraini, “Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan Agama Islam,” TA’LIM?: Jurnal Studi Pendidikan Islam, vol. 5, no. 1, pp. 1–17, Jan. 2022, doi: 10.52166/talim.v5i1.2775.
U. H. Salsabilla, A. Agustin, F. Safira, I. Sari, and A. Sundawa, “Manfaat Teknologi Bagi Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19,” Edunesia?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 125–132, Jan. 2021, doi: 10.51276/edu.v2i1.93..